Wajib Jam Belajar Jakpus Berlaku di 8 RW

Foto : Sayangi.com/doc

Jakarta, Sayangi.com – Mulai pertengahan bulan Oktober jam wajib belajar malam antara pukul 19.00 sampai 21.00 diberlakukan di DKI Jakarta.

Di Jakarta Pusat sendiri sosialisasi sudah berjalan, dan rencananya akan diterapkan di delapan RW meliputi, RW 06 Pegangsaan, RW 04 Petojo Selatan, RW 04 Utan Panjang, RW 05 Kampung Rawa, RW 05 Paseban, RW 05 Karet Tengsin, RW 012 Cempaka Putih, dan RW 07 Gunung Sahari Utara.

Jam wajib belajar itu sendiri, ungkap Walikota Jakarta Pusat Saefullah, telah diatur dalam Perda 8 tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan. Perda itu bertujuan mendongkrak prestasi pelajar di Jakarta Pusat.

“Ini diberlakukan agar anak-anak bisa diawasi orangtua sehingga tidak terlibat kegiatan negatif dan terpengaruh oleh pergaulan seperti narkoba atau pun tawuran,” kata Saefullah, Rabu (26/9).

Kepala Seksi Pendidikan Dasar Sudin Pendidikin Dasar (Dikdas) Jakarta Pusat Uripasih menambahkan, pihaknya telah siap menerapkan jam wajib belajar malam. Dengan adanya aturan itu, peran serta orangtua diharapkan untuk menumbuhkan kesadaran dalam meningkatkan mutu pendidikan peserta didik.

“Kalau ini diberlakukan secara terus menerus, perubahan yang signifikan pasti ada. Karena perhatian orangtua yang positif akan meningkatkan prestasi anak,” tandasnya. (bj)