Kampung Deret Segera Dibangun di Petogogan

Foto : docbj

Jakarta, Sayangi.com – Setidaknya terdapat 135 kepala keluarga (KK) yang masuk dalam program penataan pemukiman kampung deret. Rencananya, pengerjaan program ini baru akan dilangsungkan pada pertengahan Oktober mendatang.

“Minggu ketiga Oktober kita harapkan sudah dimulai pembangunannya. Ini merupakan program unggulan Gubernur DKI Jakarta untuk membangun dan memperbaiki rumah warga di bantaran kali,” ujar Syamsuddin Noor, Walikota Jakarta Selatan, saat menggelar sosialisasi pembangunan Kampung Deret dengan warga Petogogan, Kamis (26/9).

Dikatakan Syamsuddin, ini merupakan langkah konkret dari Pemprov DKI untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sehingga diperlukan peran serta seluruh stakeholder untuk dapat menyukseskan program ini.

Kepala Bidang Perencanaan Teknis Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta, Triyanto menambahkan, pihaknya sudah mematangkan program kampung deret yang akan dibangun di Petogogan. Namun saat ini tinggal menunggu kepastian final dari warga yang ada di lokasi tersebut.

“Kami mohon pengertian warga dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan dan memastikan agar bisa secepatnya dilaksanakan, karena akan dilegalkan dengan ketetapan dari Gubernur,” katanya.

Dikatakan Triyanto, dalam teknisnya, untuk warga yang mempunyai lahan di bawah 20 meter persegi akan mendapatkan rumah tipe 18. Sedangkan yang diatas 20 meter persegi mendapatkan tipe 36. “Tipe 18 itu kamar mandinya di luar. Septitanknya pun akan memakai sistem komunal, karena yang pembuatan konvensional sudah mulai dibatasi akibat berpengaruh dengan kualitas air tanah,” ungkapnya.

Ditambahkan Triyanto, memang akan ada kekurangan lahan yang diberikan kembali kepada warga. Hal ini karena dalam pembangunan kampung deret akan dibangun juga sarana prasarana yang mendukung, seperti jalan lingkungan di atas 3 meter, sarana ibadah, dan saluran hidran. (bj)