Ditinggal Shalat, Api membakar Rumah

Foto :docbj

Jakarta, Sayangi.com – Sebuah rumah di Jl Haji Amsar No 32, RT 07/07, Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak hangus terbakar, Kamis (26/9). Kobaran api berasal dari tabunan sampah yang dibakar pemilik rumah dan sempat ditinggal untuk menunaikan shalat.

“Sekitar pukul 15.30 saya membakar sampah dan daun kering di samping rumah. Lalu, saya tinggal untuk menunaikan shalat Ashar,” ujar Nuraini (65), pemilik rumah, Kamis (26/9).

Saat tengah shalat, Nuraini mengaku tidak menyadari jika api dari tabunan sampah itu membesar. Seusai shalat, dirinya baru menyadari setelah mencium bau asap yang terus mengepul ke dalam rumah. “Setelah shalat saya baru sadar, kok ada asap. Ternyata asap sudah mengepul dari lantai dua,” kata ibu yang hanya tinggal seorang diri di rumahnya tersebut.

Melihat banyaknya kepulan asap, Nuraini pun panik dan berlari keluar untuk meminta pertolongan tetangga. Petugas dari Sudin pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Selatan tiba di lokasi kejadian sekitar 10 menit kemudian. Beruntung, petugas dapat langsung melokalisir titik api.

“Kita kerahkan 6 unit dan langsung lokalisir titik api biar tetap di lantai dua. Itu langsung bisa dipadamkan sekitar 30 menit kemudian,” kata Samsudin, Komandan Peleton Sudin Damkar dan PB Jakarta Selatan.

Ditambahkan Samsudin, penyebab kebakaran karena keteledoran pemilik rumah yang meninggalkan tabunan sampah. Api yang membumbung langsung menyambar kabel listrik, dan kemungkinan langsung membakar gorden di dalam rumah.

“Tinggi apinya sempat membuat bunga api loncat ke gorden, dan membakar dua kamar seluas 7×7 meter. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta,” tandasnya. (bj)