Media AS dan Jepang Ulas Blusukan Jokowi

Gambar: Screenshot The New York Times

Jakarta, Sayangi.com – Media terkemuka di Amerika Serikat, The New York Times, hari Rabu (25/9) ini menyoroti aksi blusukan Jokowi dan menyebutnya sebagai “Governor at Home on the Streets”.

New Yorks Times mendeskripsikan sosok Jokowi sebagai figur yang gemar menjelajah di daerah kumuh dan pasar tradisional. “Wanita, pria, dan anak-anak muda berusaha meraih tangan Jokowi dan meletakkannya di dahi mereka sebagai bentuk rasa hormat”, tulis New York Times.

New Yorks Times juga mengulas secara panjang lebar langkah populis yang dilakukan Jokowi setelah terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dijelaskan bahwa Jokowi telah berhasil memenuhi janji-janji kampanyenya, yaitu kartu elektronik yang memungkinkan warga mendapatkan layanan kesehatan gratis, dan fasilitas pendidikan yang diberikan secara langsung dan dipastikan tidak ada pemotongan dari atas. Jokowi juga dianggap sebagai figur bersih dan berhasil memangkas potensi korupsi di sektor pajak dengan cara penerapan sistem pembayaran pajak online.

“Mr. Joko dikenal luas sebagai politisi bersih yang tidak memanfaatkan kantornya untuk memperkaya diri sendiri”, tulisnya.

Jokowi juga dianggap telah berhasil menginvestasikan modal politik pada dua proyek. Pertama, memindahkan PKL dari jalanan Tanah Abang, dan merelokasinya ke sebuah gedung di dekatnya. Kedua, relokasi 7000 keluarga miskin di Waduk Pluit. New York Times juga menulis tentang elektabilitas Jokowi yang unggul dalam beberapa hasil survei serta berpeluang besar menjadi presiden Indonesia berikutnya.

Beberapa waktu lalu, sebuah koran beroplag terbesar di Jepang, Asahi Shimbun, membahas gebrakan Jokowi dalam artikelnya di halaman 2 edisi yang terbit 31 Juli 2013. Dalam koran tersebut Jokowi disebut punya obsesi besar dalam melakukan normalisasi empat sungai di Jakarta. Asahi Shimbun menggambarkan usaha tersebut sebagai langkah tak mudah karena banyaknya warga yang tinggal di bantaran sungai.