FAIT Tantang Roy Suryo Buktikan Keaslian Foto CT Marahi SBY

Foto: kaskus.co.id

Jakarta, Sayangi.com – Perbedaan pendapat antara Forum Akademisi IT dengan Roy Suryo perihal keaslian foto dugaan pengusaha Chairul Tanjung yang menunjuk Presiden SBY, membuat perdebatan di dunia maya semakin hangat.

Ketua FAIT, Hotland Sitorus dalam rilisnya kepada sayangi.com menjelaskan, foto yang seharusnya dijadikan objek pengamatan dan analisis seharusnya foto yang beredar di media sosial (twitter), bukan foto yang dipajang di website kepresidenan yang beralamat di www.presidenri.go.id, jelas Hotland.

Keaslian foto yang kita permasalahkan adalah foto yang beredar di media sosial, bukan yang dipajang di website kepresidenan, jelas Hotland Sitorus.

Sangat tidak tepat bila Roy Suryo menggunakan foto yang bersumber dari kepresidenan. Sudah jelas foto tersebut asli, siapapun tau itu. Jadi Roy Suryo tidak objektif, karena yang dipermasalahkan adalah foto yang beredar di media sosial. Jadi jelas tidak nyambunglah, sebut Hotland Sitorus.

Perlu dipahami, kalau foto dugaan CT menunjuk SBY yang beredar di media sosial ada yang direkayasa, dan foto itulah yang dipermasalahkan dan membuat geger media sosial, bukan foto yang bersumber dari kepresidenan.

Foto yang digunakan Roy Suryo yang bersumber dari kepresidenan pasti asli. Saya telah melakukan digital forensic terhadap foto tersebut. Kesimpulannya, foto tersebut diabadikan dengan perangkat kamera merek Canon, Model EOS-1D X, dan diambil tanggal 24 September 2013, pukul 18:27:28, jelas Hotland.

Untuk itu, FAIT siap menguji kepakaran Roy Suryo. Kita buat semacam ujian tesis, dan biarlah wartawan yang menilainya. Kami siap menguji kepakaran Roy Suryo yang selama ini mengaku pakar telematika, pungkas Hotland mengakhiri.

Sebelumnya ramai diberitakan Roy Suryo mengakui Foto Chairul Tanjung (CT) Tunjuk SBY itu asli. Beredar luas di microblogging Twitter, Foto yang diduga mirip pengusaha terkenal Chairul Tanjung (CT) yang nampak dalam posisi berdiri sambil mengacungkan tangannya menunjuk ke arah SBY dalam sebuah ruangan yang tidak diketahui lokasi persisnya. Di foto itu juga terlihat ekspresi kemarahan CT pada SBY.  

Untuk mengkonfirmasi foto itu. Pakar telematika Roy Suryo membenarkan bahwa foto yang beredar di dunia maya yang menunjukkan Chairul Tanjung tengah “marah-marah” pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah asli, dan bukan hasil permainan grafis (editing).  

Kendati itu dirinya membantah apabila raut wajah salah satu pengusaha Indonesia itu tengah emosi dan menunjuk wajah Presiden SBY. Sebab menurut Roy, arah tangan atau telunjuk daripada Chairul Tanjung tidak mengarah pada Presiden SBY.  

“Ekspresi semua dalam ruangan itu masih santai-santai saja,” kata Roy, Kamis (26/09/2013).  

Anggota Dewan Pembina ini mengatakan bila, wajah yang ditunjukkan oleh istri presiden, Ani Yudhoyono masih tampak sangat santai. “Sangat tidak mungkin kalau memang ada yang marah-marah,” terang mantan anggota DPR itu.  

Lebih jauh Roy menjelaskan jika gambar tersebut diambil di salah satu ruangan di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali untuk membahas persiapan acara Asia Pacific Economic Coorporation (APEC) yang dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan di Bali, di mana Chairul Tanjung merupakan Ketua Penyelenggara acara tersebut.  

“CT sedang menjelaskan fasilitas alat-alat di sana,”tutup Menteri Pemuda dan Olahraga ini.