Bill Gates Tuding IBM Salah Kaprah gunakan Ctrl+Alt+Del

Foto: apartmenttherapy.com

Washington, Sayangi.com – Dalam acara pengumpulan dana di universitas Harvard, Pendiri Microsoft, Bill Gates, menuding IBM melakukan kesalahan dengan memasarkan penggunaan tombol Ctrl+Alt+Del untuk mereboot komputer atau smartphone. Ia lebih suka menggunakan satu tombol saja agar tak terjadi ketidaksengajaan reboot komputer.

Tombol yang awalnya dirancang untuk reboot komputer itu masih tetap dipertahankan di sistem operasi Windows 8 untuk fungsi task manager dan dalam versi yang lebih lama juga untuk mengaktifkan komputer.

“Kita bisa menggunakan satu tombol, namun orang yang membuat papan ketik di IBM tidak mau memberikan kita satu tombol,” kata Gates.

Penggunaan Ctrl+Alt+Del itu ditemukan oleh insinyur IBM, David Bradley.
Pada awal 1990-an, Ctrl+Alt+Del menjadi populer sebagai cara cepat untuk mengaktifkan kembali komputer jika tampilan layar di komputer terhenti.

Bradley pernah mengatakan dia tadinya ingin menggunakan Ctrl+Alt+Esc namun terlalu mudah untuk hanya terpusat di sisi kiri papan ketik dan secara tidak sengaja mereboot komputer.

Oleh karena itu dia menggunakan Del di sisi kanan karena tidak mungkin dilakukan oleh satu tangan sehingga lebih kecil kemungkinan reboot secara tidak sengaja.
Dalam perayaan 20 tahun IBM dia mengatakan walau dia yang menemukan namun Bill Gates yang membuatnya terkenal.

Temuannya itu membuat dia menjadi salah satu pahlawan dalam dunia komputer dan banyak yang meminta tanda tangannya dalam acara-acara komputer dan internet.
Sebagian orang tetap yakin bahwa tiga tombol itu sebagai pilihan yang tepat.

“Saya merasa bahwa satu tombol yang akan menjadi kesalahan,” tutur seorang pendukung Bradley di situs internet Reddit. Saat ini komputer tablet sudah tidak lagi menggunakan Ctrl+Alt+Del untuk mengaktifkan maupun reboot. (FIT/BBC)