Dua Pilot Airbus Ini Mengemudi Sambil Tidur

Foto: flikr.com

London, Sayangi.com – Peristiwa menggelikan sekaligus mengerikan terjadi saat dua pilot asal Inggris mengaku tertidur di kokpit, saat menerbangkan pesawat penumpang Airbus 330. Pesawat tetap terbang menggunakan mode autopilot, demikian dikabarkan surat kabar The Sun.  

Berita tersebut tak menjelaskan maskapai tempat pilot dan co-pilot itu bekerja. Juga rute Airbus tersebut. Hanya dijelaskan bahwa rutenya jarak jauh dan saat itu tengah menuju Inggris. Salah satu diantara pilot atau co-pilot langsung tersentak begitu terbangun, lalu membangunkan rekannya yang ternyata juga tengah pulas tertidur.

Keduanya mengungkapkan, tak tahu berapa lama dibuai mimpi, dalam adegan yang untungnya tak diketahui para penumpang tersebut. Kasus menghebohkan yang baru tercium media kemarin itu, terjadi pada 13 Agustus. Dalam penerbangan jarak jauh, pilot dan co-pilot sebenarnya memiliki waktu setelah menerbangkan pesawat selama 20 menit, secara bergantian. Tapi setelah mengudara satu jam, kantuk hebat tampaknya menyerang keduanya.

Usai kejadian, Pilot dan Co-Pilot “beruntung” tersebut melaporkan kejadian tersebut kepada Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA), salinan laporannya sempat diintip oleh koran The Sun. Dalam laporannya, Pilot dan Co-Pilot menyalahkan perubahan jadwal sebagai biang keladi kelelahan. Tertidur selama menerbangkan pesawat bisa dianggap sebagai kelalaian yang berimplikasi hukum, namun CAA masih meneliti laporan sang Pilot dan Co-Pilot.

“Kelelahan adalah masalah serius, itu sebabnya kami menyambut baik inisiatif Uni Eropa perihal perlunya pengawasan sistem manajemen risiko, khususnya kelelahan dalam penerbangan,” tegas Juru Bicara CAA. “Inggris sejauh ini memang memiliki catatan keamanan yang sangat baik, tapi kami selalu berusaha untuk meningkatkan keselamatan di udara.” (MSR)