Siapa Bilang Kuota BBM di APBN Habis?

Ilustrasi foto: Sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantah kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sebesar 48 juta kiloliter (kl) yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan habis sampai akhir 2013.

“Kuota BBM subsidi yang ditetapkan segitu pasti cukup, kita cukup-cukupkanlah, bagaimana cara nyukupinnya? Itu rahasia, maksudnya tentunya kita punya cara-cara pengendalian yang akan kita laksanakan, yakni pengawasannya lebih diintensifkan,” kata Wakil Menteri (ESDM) Susilo Siswoutomo, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jum’at (27/9).

Menurut Susilo, pihaknya selalu berharap dan minta pada masyarakat yang berpunya untuk jangan membeli BBM subsidi. “Artinya, kesadaranlah, yang mampu itu untuk tidak membeli BBM subsidi lagi,” imbuhnya.

Susilo optimis, dengan cara pemberlakuan pembayaran noncash (nontunai), maka dapat diketahui mana yang tidak berhak membeli atau yang biasanya membeli dipakai segala macam, dan sedikit demi sedikit akan dapat dikendalikan.

“Kita minta tolong untuk memberikan penjelasan ke masyarakat bahwa itu tidak ada masalah, dan pemerintah tidak menyusahkan masyarakat,” tutur Susilo. (MSR)