Melintas Batas Keindahan Pantai di Cimaja dan Sawarna

Foto: Sayangi.com/Tri Harningsih

Cimaja, Sayangi.com – Dari sekian banyaknya wisata pantai di sekitar Jawa barat, Cimaja dan Sawarna adalah yang paling banyak dikunjungi. Cimaja dan Sawarna terletak diantara dua perbatasan, Cimaja di Provinsi Jawa Barat, sedangkan Sawarna sudah masuk dalam wilayah Provinsi Banten.

Pantai Cimaja di Pelabuhan Ratu sudah bukan nama yang asing bagi para surfer, ombak besarnya dikenal sampai ke mancanegara, tak heran jika pantai ini kerap kali dikunjungi untuk menantang deru ombak melalui papan selancar. Letaknya yang tidak jauh dengan Ibu Kota membuat Cimaja menjadi salah satu destinasi surfing terbaik tidak hanya di Jawa Barat tapi di Indonesia.

Sedangkan kawasan wisata Pantai Sawarna membentang di pantai selatan Lebak, Provinsi Banten. Kawasan hutan pantai yang dulu terkenal sebagai desa siluman itu kini disulap menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Disebut-sebut kawasan ini sebagai mutiara baru di selatan Banten.

Sawarna tak hanya sekedar pantai, ia juga terdiri dari pematang sawah nan hijau, gua-gua unik, karang-karang cantik dan pahatan alam. Di Sawarna anda dapat mengunjungi Pantai Sawarna, yaitu ada Karang Taraje yang eksotis dengan karang-karang cantik nan terjal, Tanjung Layar yang cocok sebagai lokasi memotret, Pulau Manuk yang dipagari oleh pasir halus sehalus tepung, tak ketinggalan pula menjelajah di kegelapan Gua Lalay.

Untuk menuju kedua lokasi wisata ini, anda bisa mengambil dua pilihan rute. Rute pertama anda dapat berkunjung ke Cimaja dahulu dikawasan Pelabuhan Ratu Jawa Barat lalu menuju ke kawasan Desa Sawarna dikawasan Lebak Banten. Atau anda juga bisa mengakses dijalur sebaliknya, jarak dan lama perjalanan diantara keduanya hanya sekitar 2 jam saja. Pun anda akan melewati perbatasan Banten dengan Jawa Barat. (FIT)