Google Bajak Karyawan BlackBerry

Foto: financialpost.com

Toronto, Sayangi.com – Seiring pemecatan karyawan oleh BlackBerry Ltd di kantor pusatnya di Waterloo, Ontario, perusahaan-perusahaan teknologi besar, termasuk Motorola Mobility milik Google Inc bersiap memanfaatkan situasi ini.

Ya, Google siap membajak bakat-bakat lokal eks karyawan BlackBerry. Motorola Mobility mengatakan Kamis (26/9) waktu setempat, perusahaan itu akan membuka kantor di Waterloo, sekitar satu jam perjalanan mobil dari Toronto. Derek Phillips, direktur teknis Motorola Canada tidak mengatakan seberapa banyak pegawai yang akan direkrut, namun ia mengatakan perusahaan tersebut mencari bakat di bidang sains dan teknik komputer.

Google mengakuisisi Motorola Mobility tahun lalu lewat kontrak senilai $ 12,5 miliar dolar AS dan mencoba mendongkrak bisnis perusahaan ponsel tersebut. Google sendiri sudah memiliki kantor pusat pengembangan wilayah Kanada di Waterloo. Perusahaan ini hadir di Waterloo karena tertarik dengan para lulusan University of Waterloo yang memiliki ahli-ahli program-program sains komputer, teknik, dan teknologi papan atas di dunia.

Sebagian besar perusahaan teknologi lokal adalah perusahaan kecil baru (startups) yang mencoba membuat gebrakan, seperti yang dilakukan BlackBerry, yang saat itu bernama Research in Motion, pada 1990an. Namun waktu telah berubah bagi BlackBerry, yang mengatakan Jumat pekan lalu bahwa ia akan mem-PHK sekitar 4.500 karyawan, lebih dari sepertiga karyawan global, karena mengalami kerugian per kuartal hampir 1 miliar dolar AS.

Pada Senin lalu, BlackBerry sepakat dengan pembelian perusahaan senilai 4,7 miliar dolar AS oleh sebuah konsorsium yang dipimpin pemegang saham terbesarnya, Fairfax Financial Holdings Ltd. (Reuters/VOA)