Ini Alasan Prudential Tolak Klaim Asuransi Dul

Foto: prudential.com.sg

Jakarta, Sayangi.com – Perusahaan Asuransi Prudential mengklarifikasi perihal penolakan untuk menanggung biaya perawatan putra musisi Ahmad Dhani, AQJ di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.

Klaim asuransi dari pemegang polis Abdul Qodir Jaelani (AQJ) yang belum dibayarkan oleh Perusahaan Asuransi Prudential disebabkan akibat ketidaklengkapan persyaratan dalam pengajuan klaim tersebut. Prudential mengaku pencairan klaim dapat dilakukan apabila memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Corporate Marketing & Communications Director PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), Nini Sumohandoyo, menjelaskan pengajuan sebuah klaim itu pembayarannya mengacu pada kontrak yang telah disetujui oleh kedua pihak. “Mohon maaf. Yang penting gini saja, kan ada polis kontrak itu antara dua belah pihak, ada persyaratan ada ketentuan, itu kan semuanya tertuang di situ apabila semua itu dipenuhi pasti akan kita bayar, itu yang pasti. Jangankan Rp 500 juta, lebih dari itu juga asal sesuai persyaratan pasti kita bayar,” ujar Nini, Jumat (27/9).

Menurut Nini, setiap produk asuransi memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Oleh sebab itu, Nini meminta masyarakat untuk tidak memukul rata penyebab suatu klaim tidak bisa dicairkan. “Itu sangat complicated ya banyak sekali provisi-provisi yang tertera di situ, kalau tanya secara umum saya rasa saya tidak bisa mengeneralisasikan, karena disetiap produk itu semua ada peraturan yang lumayan banyak. Semua klaim yang memenuhi persyaratan-persyaratan pasti akan kami bayarkan,” ujar Nini.

Sebelumnya musisi Ahmad Dhani kecewa terhadap perusahaan asuransi Prudential yang menolak menanggung biaya perawatan rumah sakit putranya, AQJ.

“Menurut Prudential, ini pelanggaran hukum sehingga mereka nggak mau bayar biaya RS,” kata Ahmad Dhani ketika ditemui di lobi RS Pondok Indah (RSPI), Jakarta, Rabu.

Dhani menegaskan pihaknya akan menuntut pihak Prudential bila perusahaan asuransi tersebut tidak bisa memberikan bukti bahwa AQJ bersalah. Hal tersebut karena menurut dia, pihak Prudential dianggap telah ingkar terhadap perjanjian.

Menurut dia, AQJ yang dirawat selama hampir tiga minggu di RSPI telah menelan biaya Rp500 juta. Biaya tersebut tidak hanya berasal dari koceknya, melainkan juga dari bantuan dana rekan-rekannya sesama artis.

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengatakan sengketa klaim asuransi dapat diselesaikan melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI), untuk ditindaklanjuti dan dimediasi.

“Sengketa klaim asuransi itu diselesaikan melalui BMAI yakni Badan Mediasi Asuransi Indonesia. yang mengajukan itu bisa tertanggung yang merasa dirugikan, bisa juga oleh perusahaan asuransinya, nanti dilihat dari dua sisi dan dimediasi,” ujar Hendrisman di Jakarta, Rabu.

Polda Metro Jaya telah menetapkan AQJ sebagai tersangka dalam kecelakaan beruntun di Tol Jagorawi pada Minggu (8/9) dini hari. Sebanyak tujuh orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan yang terjadi pada sekitar pukul 01.45 WIB di Tol Jagorawi kilometer 8 itu melibatkan mobil sedan Mitsubitshi Lancer bernopol B 80 SAL, Daihatsu Granmax B 1349 TFN dan Toyota Avanza B 1882 UZJ.