Ikon Catur AS-Sovyet Akan Difilmkan

Foto: http://dogwoof.com/

Washington, Sayangi.com – Film yang mendramatisasi pertarungan ikonik 1972 antara pecatur ajaib Amerika Serikat Bobby Fischer dan “grandmaster” Soviet Boris Spassky akan mulai syuting pada bulan depan, kata “The Hollywood Reporter”.

“Aktor ‘Spider-Man” Tobey Maguire, yang akan berperan sebagai Fischer, telah mengembangkan film itu selama bertahun-tahun,” kata “The Hollywood Reporter”. (27/9)

Film itu, yang akan diberi judul “Pawn Sacrifice”, akan disutradarai Ed Zwick, yang telah mencetak film-film bagus sebelumnya, termasuk Tom Cruise dalam epik “The Last Samurai” (2003), menurut IMDB.

Liev Schreiber, aktor Amerika sedang dalam negosiasi untuk membintangi film itu sebagai Spassky, sementara Peter Sarsgaard sedang dalam pembicaraan untuk bermain sebagai pendeta kepercayaan Fischer.

Film ini akan mulai syuting di Montreal pada Oktober, tutur The Hollywood Reporter Selasa.

Bobby Fischer menjadi grandmaster catur termuda dalam sejarah pada usia 15 tahun pada tahun 1958.

Publikasi besar-besaran pertarungan antara Fischer dan Spassky di Reykjav, Islandia pada tahun 1972 mengakibatkan Fischer menjadi juara dunia catur Amerika pertama, menurut Biography.com.

Pada tahun 1975, Fischer menolak mempertahankan gelar melawan penantang Soviet Anatoly Karpov, dan Karpov menjadi juara secara “default”.

Fischer menjadi pertapa, akhirnya muncul kembali untuk mengalahkan Spassky dalam pertandingan ulang yang diselenggarakan pihak swasta pada tahun 1992, menurut Biography.com.