4 Alasan Mengapa Sutarman Calon Tunggal Kapolri

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Dapat dipastikan, jika tidak aral melintang yang luar biasa, Sutarmanlah yang akan menggantikan Timur Pradopo sebagai Kapolri. Mengapa? Karena Sutarman merupakan calon tunggal yang diajukan SBY ke DPR RI.

Tentu saja SBY memiliki pertimbangan matang dipilihnya Sutarman sebagai Kapolri. Berikut ini, berdasarkan berita-berita di media massa, beberapa alasan mengapa Sutarman terpilih sebagai calon tunggal.

Pertama, menurut Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi di kompleks Istana Presiden, Jumat 27 September 2013, Sutarman adalah usulan Kompolnas.

Kedua, menurut catatan Kompolnas, Sutarman, memiliki integritas yang bagus, tegas, sederhana, Polisi Reserse yang berprestasi dan cukup mumpuni dalam tugasnya.

Ketiga, Sutarman sudah beberapa kali menjabat posisi penting, di antaranya, Kapolda Kepulauan Riau, Jawa Barat dan Metro Jaya. Terakhir sebagai Kabareskrim Mabes Polri sejak 6 Juli 2011.

Keempat, Pada 2000, ia merupakan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tak heran, Sutarman mengetahui pribadi Gus Dur yang sebenarnya.

Kelima, Anggota Kompolnas, Edi Hasibuan, apabila sudah ada persetujuan dari DPR nanti, Sutarman yang sekarang berpangkat sebagai Komjen ini bisa melakukan reformasi besar-besaran agar kinerja Polri lebih baik pada masa mendatang. Mudah-mudahan juga dapat mengungkap segera pelaku teror dan penembakan terhadap polisi. (VAL)