Belum Ada Yang Pas, Jokowi Kosongkan 4 Kepala Dinas

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, saat ini ada lima jabatan penting di lingkungan Pemrov DKI Jakarta yang masih kosong. Untuk mengisinya, dibutuhkan empat pejabat eselon II (setingkat Kepala Dinas) dan satu Sekretaris Daerah (Sekda).

Namun kata Jokowi, “Kami mau cari sosok yang pas dulu. Sementara masih itu saja yang kosong. Kalau masalah tidak adanya yang ngisi, sudah biasa, ada yang lama pensiun, ada juga yang sudah dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi atau sederajat,” kata Joko Widodo kepada wartawan di Balaikota DKI, Sabtu (28/9).

Mengosongkan sejumlah kursi pejabat eselon II itu, kata Jokowi, juga karena ia ingin melakukan perampingan birokrasi. Jokowi memang sangat selektif memilih pejabat dan hati-hati. Masih kata Jokowi, masih banyak PNS yang memiliki kemampuan dan kecakapan kinerja yang bagus. Sayangnya, golongan mereka masih IV-A, sehingga belum bisa dipromosikan langsung menjadi Eselon II.

Kelima jabatan yang kosong tersebut, di antaranya adalah Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Mikro dan Perdagangan (KUMKMP), dan Asisten Pemerintahan dan Kepala Badan Perencanaan Pembangun Daerah (Bappeda). (MSR)