Karya Seni Unik dan Lezat: Lukisan Zushi

Foto: Oddity Central

Tokyo, Sayangi.com – Artis lokal Jepang yang berbasis di Tokyo, Takyo Kiyota menggunakan gulungan sushi sebagai kanvas untuk karya seninya. Percaya atau tidak, dia tidak pernah tahu persis apa gambar yang diinginkannya akan terpampang saat potongan pertama zushi mulai dipotong. Ia hanya mengandalkan bulir nasi, sayur dan ikan untuk membuat karya yang luar biasa.

Sama seperti di makizushi atau zushi yang digulung biasa, bahan dalam gulungan Takayo Kiyota diletakkan memanjang dari bawah ke atas, kemudian digulung pada selembar rumput laut. Sepotong zushi yang terlihat biasa siap disantap.

Tapi, tunggu dulu. Saat zushi mulai dipotong, akan terlihat karakter anime, gadget, like seperti dalam facebook lengkap dengan jempolnya hingga embrio bayi yang masih berada dalam perut sang ibu. Kiyota melakukannya dengan sempurna. Tampaknya tidak ada yang tidak mungkin bisa dituangkan Kiyota dalam makizushinya.

“Aku tidak pernah tahu apakah bahan yang kususun dibalik setiap butiran nasi akan menyerupai gambar yang aku inginkan. Dan tentu saja, aku tidak dapat melakukan pengeditan kalau gagal. Itu selalu menjadi momentum khusus saat memulai irisan pertama untuk melihat hasil gambar yang aku buat,” katanya.

Takyo Kiyota menyebut kreasinya Nikkori-zushi, atau “senyuman zushi” dan memposting foto-foto karyanya yang terbaik di blog-nya. Zushi buatannya memicu minat pecinta sushi yang ingin belajar kerajinan sendiri. Jadi saat ini, dia telah mendirikan kelas pembuatan zushi di kawasan Omotesando di Tokyo, di mana dia mengajar seni Nikkori-zushi. (FIT)