Jauhi Makanan Ini Agar Terhindar dari Ketombe

Foto/Ilustrasi : eastmedical

Jakarta, Sayangi.com – Memiliki rambut yang indah, sehat dan berkilau tentu saja menjadi impian bagi semua orang baik laki-laki maupun wanita. Untuk mendapatkan rambut sehat, indah dan berkilau berawal dari akar dan kulit kepala yang sehat. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan kulit kepala agar dapat memiliki rambut yang sehat dan indah pula.

Namun apa jadinya apabila kulit kepala anda bermasalah dan berketombe? Tentu saja hal ini dapat mengganggu penampilan anda. Biasanya ketombe disebabkan oleh kesalahan dalam memilih produk shampo atau juga dikarenakan kurangnya menjaga kesehatan rambut anda. Namun tahukah anda ternyata disamping dua hal tersebut, timbulnya ketombe dapat disebabkan karena anda seringnya mengkonsumsi beberapa makanan, yuk kita lihat, makanan apa saja yang dapat memicu timbulnya ketombe dikepala kita :

• Produk susu
Susu ternyata dapat mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala dan dapat memicu timbulnya ketombe.

• Gorengan
Bagi anda pecinta gorengan, berhati – hatilah, selain memang kurang baik bagi kesehatan, ternyata gorengan juga dapat menyebabkan rambut kita berketombe. Hal tersebut dikarenakan makanan yang digoreng dapat merangsang minyak berlebihan di kulit kepala sehingga menyebabkan kulit kepala tak stabil dari kondisi lembab ke kering dan begitu juga sebaliknya.

• Makanan manis
Makanan yang memiliki tingkat kandungan gula yang tinggi alias manis ternyata dapat memperparah kondisi kulit kepala anda yang berketombe. Cobalah untuk hindari konsumsi gula yang berlebihan

• Makanan pedas
Sama halnya dengan makanan yang digoreng, ternyata makanan pedas juga dapat memicu munculnya ketombe karena merangsang produksi minyak berlebih ke kulit kepala.

• Makanan yang terlalu panas
Apabila kita mengkonsumsi makanan yang terlalu panas, maka dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat dan tubuh melakukan penyesuaian yang dapat mempengaruhi kondisi kulit dan rambut.

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya ketombe pada kulit kepala kita. Cobalah untuk menghindari makanan tersebut, agar rambut anda bebas dari ketombe, selain itu anda juga harus tetap memperhatikan kebersihan rambut anda. Semoga dapat bermanfaat. (FIT)