Menikmati Indahnya Pulau yang Hanya Muncul Siang Hari

Foto: indonesia journey

Bontang, Sayangi.com – Wilayah Indonesia terkenal dengan berbagai keunikan dan keindahan alamnya. Semua harta alam rasanya tak ada yang tak bisa ditemukan di negeri kita tercinta. Selain salju tentunya. Ada salah satu keunikan pulau yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Pulau ini tanpa penghuni dan hanya bisa didatangi pagi hingga sore hari. Mau tahu kenapa?

Pulau kecil yang memiliki pantai berpasir putih dan dikelilingi air laut yang jernih ini akan hilang saat sore tiba. Bukan karena persoalan mistik melainkan karena gejala alam yang alami. Karena, sore hari adalah saatnya air laut meluap, menghabiskan semua isi pulau yang diberi nama, Segajah ini. Untuk sampai kesana, anda harus menuju ke kabupaten Bontang Kuala terlebih dahulu sebelum menyeberang dengan menggunakan perahu kecil dengan waktu tempuh 20 menit.

Tak lengkap rasanya jika bepergian ke laut yang begitu jernih, anda tak melakukan snorkeling di sana.  Di dasar laut akan terlihat kerumunan bintang laut yang cantik. Dari sekian banyak dominasi bintang laut berwarna cokelat dan kemerahan, terdapat sedikit bintang laut berwarna biru. Tapi hati-hati dengan tajamnya karang dan bulu babi yang menempel kuat di karang-karang tajam itu saat menyelam ya. Atau, jika takut menyelam, anda bisa juga memandangi keindahan laut dari atas perairan dangkal.

Takut kelaparan di tengah pulau tak berpenghuni? Tenang saja, ada tips khusus agar saat menikmati keindahan pulau anda tak diganggu dengan perut yang keroncongan. Jangan lupa makan pagi sebelum berangkat menyebrang ke pulau Segajah sehingga saat sampai di pulau mungil nan indah ini anda bisa menikmati bermain air sepuasnya. Saat telah puas dan perut kembali keroncongan, anda tinggal memungut kerang di permukaan pasir untuk dibawa ke rumah penduduk. Penduduk disana sudah membuka diri pada para wisatawan dengan menyediakan jasa memasak kerang dan membuatnya jadi sambal goreng yang lezat.

Jika suka dan ingin merasakan otentik dan lezatnya bulu babi, anda juga bisa berburu bulu babi yang legendaris dan super mahal jika sudah sampai di atas meja restoran. Maklumlah, bulu babi ini susah sekali diolah sehingga tak banyak restoran yang menyediakan menu masakan ini. (FIT)