22 Imigran Tewas Dibawa ke RSUD Cianjur

Ilustrasi foto: guardian.co.uk

Cianjur, Sayangi.com – Puluhan jasad imigran gelap yang berhasil ditemukan di perairan Sinar Laut, Kecamatan Agrabinta, Cianjur, Jabar, dibawa ke RSUD Cianjur, sebelum diserahkan ke RS Kramatjati, Jakarta, Sabtu (28/9).

Hingga hari kedua tenggelamnya kapal milik nelayan yang membawa ratusan imigran pencari suaka asal Iran, Irak, Afganistan, Yordania, dan Afrika itu, upaya penyelamatan masih coba dilakukan tim gabungan TNI, Polri, BPBD Cianjur dibantu masyarakat.

Hingga sore ini pukul 17.00 WIB, jumlah korban meninggal tercatat 22 orang dan korban selamat 35 orang. Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti mengatakan, seluruh korban meninggal dan selamat saat ini telah dievakuasi dari tempat penampungan dan puskesmas setempat.

“Korban selamat dikirim kembali ke penampungan imigrasi di Sukabumi dan korban meninggal dunia ditampung di ruang jenazah RSUD Cianjur, sebelum dibawa ke RS Kramatjati, Jakarta,” katanya. Sementara itu, pencarian terhadap puluhan imigran lainnya masih dilakukan tim gabungan dibantu nelayan dan masyarakat setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya, 125 orang imigran pencari suaka dari Iran, Irak, Afganistan, Yordania, dan Afrika dilaporkan tengelam bersama kapal kayu milik nelayan yang diduga berasal dari Tegalbuleud, Sukabumi.

Selang beberapa saat berangkat, tepatnya 200 meter memasuki perairan Sinar Laut, Cianjur, kapal yang mereka tumpangi karam. Sehingga ratusan penumpang terapung di tengah lautan, 35 orang diantaranya berhasil selamat dengan membawa jenazah korban meninggal. (MSR/ANT)