Komisi III Segera Uji Kelayakan Kapolri

Foto : Sayangi.com/doc

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan DPR akan segera menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

“Uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan sebelum masa sidang yang akan berakhir pada 26 Oktober mendatang,” ujar Bambang di Jakarta, Sabtu (28/9).

Selanjutnya, kata dia, terserah Presiden kapan akan melantik Kapolri baru tersebut. Hal itu mengingat masa pensiun Kapolri Timur Pradopo yang akan berakhir pada Januari 2014.

Terkait surat Presiden tentang pengajuan Komjen Pol Sutarman sebagai calon tunggal, Bambang mengatakan surat tersebut akan dibacakan secara resmi pada sidang paripurna, Selasa (1/10).

“Selanjutnya, Bamus akan meminta Komisi III untuk mengagendakan jadwal uji kelayakan tersebut.” Disinggung mengenai nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Sutarman sebagai calon tunggal Kapolri, politisi Golkar tersebut mengatakan penunjukan itu sudah tepat.

“Penunjukkan (pencalonan) Sutarman menurut saya sudah tepat, baik dari sisi kemampuan atau kecakapan, jam terbang maupun senioritas,” kata dia.

Bambang mengharapkan dengan segala persyaratan yang dimilikinya, Sutarman diharapkan mampu melakukan konsolidasi dan meningkatkan kinerja serta mengembalikan kepercayaan diri prajurit Polri.

Selain itu, kata politikus Golkar tersebut, di tengah maraknya teror terhadap anggota polisi dan isu korupsi di tubuh Polri, sosok Kapolri baru nantinya harus memiliki ketegasan. (Ant)