Jangan Sampai Riau Dikuasai Asing

Foto : itookuciwawa.blogspot.com

Pekanbaru, Sayangi.com – Pemerhati sosial dari organisasi nirlaba Akber (Akademi berbagi) Ainun Chomsun mengingatkan jangan sampai Riau dikuasai oleh pihak asing, khususnya tenaga kerja.

“Di Jakarta saat ini pada perusahaan-perusahaan asing orang Indonesia paling tinggi hanya bisa berada pada level pengawas (supervisor) dan untuk pos lebih tinggi dipegang oleh orang asing,” kata Ainun Chomsun saat diwawancara Antara di Pekanbaru, Sabtu (28/9).

Yang membuat miris tenaga ahli asing itu berasal dari negara yang kemampuannya setara dengan Indonesia seperti dari India dan Filipina.

Ainun menganggap Riau adalah provinsi yang kaya, peluang untuk profesional asing itu sangat mungkin terjadi. Untuk mengatasi hal ini kita butuh kesadaran masyarakat kota untuk meningkatkan kapasitas diri.

Akber, organisasi yang didirikannya berasal dari kalangan umum. Ada yang berasal dari swasta yang merasa tidak cocok dengan pekerjaannya. Ada juga yang berasal dari tamatan kampus yang belum mendapatkan pekerjaan.

Melalui forum berbagi tersebut, para relawan yang tergabung bisa meningkatkan wawasan dan daya saing. Karena dalam Akber, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dari bidang apapun.

Kebetulan di Pekanbaru saat ini diadakan kelas perdana Akber dengan materi membangun komunitas. Ainun melihat dari sini dapat ditanamkan kemandirian dan daya saing dari komunitas yang ada untuk dapat berusaha berbuat untuk kotanya.

“Dari pengamatan kami Pekanbaru bisa dikatakan sedikit lambat dibanding kota lain di Pulau Sumatera dalam gerakan sosial untuk berbuat sesuatu untuk kotanya. Mungkin ini dipengaruhi oleh kehidupan yang nyaman dan mapan. Selanjutnya saya mengharapkan komunitas yang ada di Pekanbaru tidak sekedar komunitas saja, tapi berbuat sesuatu untuk kota Pekanbaru dengan meningkatkan wawasan,” kata Ainun.

Akber Pekanbaru saat ini dikepalai oleh Hesti Wulandari dan telah berjalan selama kurang lebih tiga sampai empat bulan. Mengapa materi membangun komunitas diisukan disini, Ainun menjawab bahwa dari informasi yang diperoleh banyak komunitas yang ada di Pekanbaru.

“Komunitas di Pekanbaru kami dengar banyak. Makanya kami dorong disini untuk berbuat lebih untuk kota Pekanbaru sendiri agar punya wawasan dan daya saing yang tak kalah dengan negara asing,” ujar Ainun Chomsun. (Ant)