Ternyata Presiden Soekarno Pernah Tertipu Tukang Becak

Sayangi.com – Seorang Soekarno yang pintar ternyata pernah juga kena kibul, justeru ketika Soekarno menjadi presiden.

Begini ceritanya, pada tahun 1950-an, saat pemerintahan masih dibawah komando Presiden Soekarno, ada sepasang ‘suami isteri’ yang mengaku sebagai Raja dan Ratu dari Suku Kubu (suku anak dalam yang berada di wilayah Jambi dan Sumatera Selatan). Mereka berdua mengatakan bergelar Raja Idrus dan istrinya Ratu Markonah.

Pasangan ‘suami istri’ itu, entah bagaimana mulanya, mendapat pemberitaan pers, termasuk foto-foto keduanya. Maka, sejumlah pejabat negara memberikan penghormatan luar biasa pada ‘raja’ dan ‘ratu’ tersebut.

Rupanya ada seorang pejabat yang menghubungi Presiden Soekarno dan kemudian memperkenalkannya. Di Istana, ‘suami-istri’ yang sebenarnya adalah penarik becak dan pelacur itu sempat diterima sebagai tamu kehormatan di Istana Merdeka. Mereka juga diberi uang, menginap dan makan gratis di hotel-hotel mewah. Termasuk mengunjungi Kraton Yogyakarta dan Surakarta.

Kedok penipuan mereka terbongkar saat berjalan-jalan di Jakarta. Ada seorang tukang becak yang mengenali ‘Raja’ Idrus, teman seprofesinya di Tegal. Sedang sang ‘maharani’ juga terbongkar berprofesi sebagai pelacur kelas bawah di kota yang sama. Konon, keduanya bertemu di sebuah warung kopi di Tegal. Kemudian sepakat untuk menjalankan aksi penipuan itu. Keistimewaan Markomah selalu memakai kaca mata hitam baik siang maupun malam. Rupanya sebelah matanya picek.

Sumber: karodalnet.blogspot.com