Presiden Iran Bawa Pulang Bejana Usia 2700 Tahun

Foto: .nbcnews.com

Teheran, Sayangi.com – Presiden Iran Hassan Rowhani membawa kembali bejana perak Persia berumur 2.700 tahun yang dibuat dalam bentuk griffin (Shir Dal), yang berasal dari Dinasti Mades dari Amerika Serikat setelah 10 tahun, pada Sabtu (28/9) malam.

Presiden Rowhani bertukar pandangan dengan para pejabat AS mengenai pengembalian barang antik yang disita itu, yang dikenal di kalangan seni sebagai rhyton, kepada Iran di sela-sela Sidang Umum PBB di New York.

Para pejabat AS memberikan tempat minum seremonial berbentuk bejana dari abad ke-tujuh Sebelum Masehi itu kepada Iran sebagai tanda persahabatan.

Bejana berbentuk kapal kuno itu berada di New York sejak tahun 2003, ketika seorang pedagang seni menyelundupkan ke negara itu dari Iran.

Griffin adalah makhluk legendaris dengan tubuh, ekor, punggung dan kaki singa, berkepala dan sayap elang, dan cakar elang sebagai kaki depannya.

Seperti singa, griffin secara tradisional dianggap sebagai raja dari binatang dan elang adalah raja dari burung, karenanya griffin dianggap makhluk sangat kuat dan megah.

Griffin juga dianggap sebagai raja makhluk. Griffin dikenal untuk menjaga harta dan harta tak ternilai. (ANT)