5 Makanan Penyegar Bau Nafas

sayangi.com

Sayangi.com – Bau nafas tidak sedap tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, apalagi ketika kita sedang berbicara dengan lawan jenis, guru, dosen dan bahkan orangtua. Terlebih ketika bermain dan berjalan-jalan di akhir pekan bersama orang yang dikasihi, bahkan beberapa menghindari untuk memakan masakan yang mengandung bawang putih-merah, dan banyak membeli permen penyegar sebelum bertemu si dia.

Padahal sebenarnya ada makanan dan minuman sederhana yang mampu menyegarkan mulut, sehingga kita tidak takut untuk makan apapun ketika bersama pasangan.

Berikut ini, kami sajikan makanan apa saja yang dapat mengusir bau nafas.

1. Teh
Secangkir teh hijau atau hitam ternyata dapat mengusir bau tidak sedap yang keluar dari mulut, hal ini disebabkan kandungan anti-oksida polifenol yang dapat menghilangkan bakteri dan bahan makanan yang menyebabkan bau. Bahkan selama Sobat Unik tidak menambahkan gula ke dalam larutan teh hijau/hitam, anti-oksidanya akan terus bekerja lebih efektif. Berdasarkan penelitian University of Utah Health Care, orang yang sering minum teh hijau, mulutnya lebih segar daripada yang tidak meminum teh hijau.

2. Yogurt
Minuman segar yang satu ini sudah terbukti keunggulannya dalam mengusir bau mulut (setelah dikonsumsi secara rutin selama enam minggu), karena yogurt aktif memiliki kandungan kimia yang dapat mengusir bakteri buruk di dalam mulut. Selain itu yogurt memiliki kandungan Vitamin D, yang juga mampu membunuh bakteri di dalam mulut. Untuk itu dua hari sekali sebaiknya sobat unik meminum yogurt segar (masih aktif), sehingga dapat terhindar dari bau mulut.

3. Rempah-Rempah Segar
Kalau yang ini merupakan tradisi tua di beberapa masyarakat adat dunia, yakni mengunyah rempah-rempah segar dan pedas. Di beberapa wilayah di Indonesia kebiasaan ini dikenal dengan mengunyah sirih atau nyeupah (Bahasa Sunda) atau nyirih (bahasa Melayu), banyak dilakukan oleh para orangtua di zaman dahulu, meski kemudian sudah tidak lagi dilakukan (hanya dibeberapa daerah pedalaman, pedesaan saja). Namun para akademisi mengenal rempah-rempah sebagai tanaman khususnya yang mengandung klorofil tinggi, sebagai tumbuhan yang mampu menyegarkan mulut. Jika tidak menyukai aroma sirih, mungkin bisa mencoba daun mint, biji adas, anis dan cengkeh, yang selain hangat atau dingin dapat menyegarkan serta mengusir bau mulut.

4. Buah Apel
Satu buah apel sehari akan mencegah dokter mendekati Anda, sebuah kalimat yang sering diungkapkan oleh ahli gizi dan pakar kesehatan. Sementara berdasarkan Asosiasi Diatetis Amerika, buah dengan daging yang renyah seperti apel, dan sayuran seperti wortel serta seledri dapat mencegah bau busuk di dalam mulut dan plak menempel di gigi. Selain itu buah apel dan sayuran wortel dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat mencegah berbagai bakteri merugikan yang hidup di dalam mulut.

5. Buah-buahan Asam (Segar)
Seorang profesor yang sekaligus dokter gigi di Universitas New York, merekomendasikan bahwa bebuahan dengan kandungan Vitamin C tinggi dapat mengusir bakteri yang tidak diinginkan di dalam mulut. Bebuahan seperti berbagai jenis jeruk dan anggur dapat menegah gangguang gusi seperti gingivitis yang juga menyebabkan bau mulut.

Sumber: uniknya.com