SMAN 9 Bandarlampung Miliki Seorang Siswa Dari Brazil

Foto: Twitter

Bandarlampung, Sayangi.com – SMA Negeri 9 Bandarlampung, salah satu sekolah negeri eks Rintisan Sekolah Berstandar Internasional di Provinsi Lampung, memiliki seorang siswa yang berasal dari Brazil.

Menurut Hendro Suyono, Kepala SMAN 9 di Bandarlampung, Sabtu (28/9), siswa asing yang berasal dari Brazil, namanya Vitor Pelegrine Alvarez.

Siswa tersebut mengikuti program pembelajaran selama satu tahun di sekolah tersebut.

“Siswa asal Brazil tersebut belajar budaya Indonesia, khususnya budaya Lampung,” ujar Hendro lagi.

Dalam tiga bulan ini, siswa asing tersebut diharapkan sudah dapat berbahasa Indonesia dan menguasai satu atau 2 tarian tradisional Lampung.

“Saat ini Vitor sedang berlatih Tari Bedana,” katanya.

Vitor belajar yang belajar di SMAN 9 Bandarlampung bertukar dengan dengan siswa sekolah ini yang belajar ke Brazil, yaitu Yokarian Hudson kelas XI 3 IPA 4.

“Pertukaran siswa ini disponsori oleh Rotary Club International,” kata Hendro Suyono lagi.

SMAN 9 Bandarlampung saat ini memiliki 787 siswa, yaitu 83 siswa peserta Program Bina Lingkungan (siswa dari keluarga kurang mampu yang tinggal di sekitar sekolah dan dibiayai melalui APBD Kota Bandarlampung), kelas I (Kelas X) sebanyak 283 siswa, kelas II (XI) sebanyak 279 siswa, dan kelas III (XII) sebanyak 283 siswa.

Pada tahun ajaran 2011/2012 lalu, dari sebanyak 279 siswa kelas III SMAN 9 Bandarlampung yang mengikuti Ujian Nasional (UN) 2012, di antaranya 274 siswa mengikuti undangan masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Sebanyak 109 siswa yang mengikuti undangan ini diterima kuliah di berbagai PTN di Indonesia.

Selain itu, sebanyak 80 siswa lainnya lulus mengikuti tes pendidikan kedinasan.

“Ini raihan tertinggi di sekolah ini terbanyak diterima sebagai mahasiswa undangan di berbagai PTN dan diterima di sekolah kedinasan mencapai sekitar 70 persen lulusan kami tahun ini,” ujar Hendro Suyono pula. (ANT)