Aceh Besar Juara Umum PKA 2013

Foto: Antara

Banda Aceh, Sayangi.com – Kabupaten Aceh Besar meraih juara umum pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 2013 yang berlangsung sejak 20 September hinggga 29 September 2013.

Piala bergilir PKA diserahkan oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang diterima Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah pada Mingg (29/9) malam penutupan kegiatan seni budaya empat tahunan di taman Ratu Safiatuddin itu.

Pada PKA yang keenam ini, juara kedua diraih Kabupaten Aceh Utara, Kota Banda Aceh mendapat juara tiga, sementara Kabupaten Aceh Selatan, Bireuen dan Aceh Barat mendapat di juara harapan satu, dua serta tiga.

PKA yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 20 September lalu memperlombakan berbagai kegiatan seni dan budaya, termasuk 23 anjungan daerah yang berada di Taman Ratu Safiatuddin.

Ketua panitia PKA 2013 T Setia Budi mengatakan sejak 20 hingga 29 September 2013, berbagai perlombaan seni budaya telah dipertandingkan seperti lomba tari saman, rapai geleng, layang tunang, seni ukir, dalail khairat dan adat perkawinan serta permainan rakyat lainnya.

“Dari 23 kabupaten/kota yang mengikuti kegiatan PKA, hampir semua daerah mengikuti berbagai perlombaan,” kata T Setia Budi.

Menurutnya, PKA diharapkan menjadi ajang untuk mendorong pelestarian, pengembangan dan promosi budaya serta peradaban Aceh.

“Ajang PKA ini menampilkan berbagai seni budaya dari seluruh daerah di Aceh yang mengusung tema ‘Aceh Bersatu Bersama, Satu dalam Sejarah dan Satu dalam Budaya’,” katanya.

Selain pengumuman dan penyerahan piala kepada para juara pada penutupan PKA yang dilakukan Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga dimeriahkan dengan penampilan artis Aceh Lisa Aulia dan berbagai tarian tradisional. (ANT)