AS Roma Kembali Kuasai Puncak Klasemen

Foto: Football-Italia

Florence, Sayangi.com – Awal gemilang AS Roma di musim ini berlanjut dengan kemenangan 5-0 atas Bologna di Stadion Olympic, yang mengembalikan keunggulan dua angka mereka di puncak klasemen Liga Italia pada Minggu.

Roma menjadi tim pertama sejak Juventus pada musim 2005/2006 yang memenangi enam pertandingan pembuka mereka dan meraih kemenangan perdana mereka dengan selisih lima gol atau lebih sejak menang 7-0 atas Catania pada November 2006.

Pasukan Rudi Garcia sekarang unggul dua angka atas Napoli dan Juventus sedangkan tim peringkat keempat Inter, yang ditahan imbang Cagliari pada Minggu, tertinggal dua angka dari kedua tim tersebut.

Sepekan setelah menyumbangkan gol bagi pasukan Rudi Garcia, mantan penyerang Arsenal Gervinho kembali bersinar untuk tuan rumah dengan mencetak gol pada kedua babak.

Bagaimanapun, Alessandro Florenzi yang memulai pesta gol tim ibukota, ketika ia menaklukkan Gianluca Curci dari jarak dekat setelah sapuan yang buruk terhadap tendangan bebas Miralem Pjanic.

Pemain Pantai Gading Gervinho menggandakan keunggulan Roma ketika ia mendapat bola di lini tengah, dan berlari ke depan melewati pertahanan Bologna untuk menaklukkan Curci dengan tembakan kaki kanan.

Roma memasuki masa turun minum dengan keunggulan 3-0 setelah Mehdi Benatia melepaskan sepakan voli kaki kiri melewati Curci dari jarak dekat, dari tendangan sudut Francesco Totti pada menit ke-25.

Gervinho mencetak gol keduanya pada menit ke-60, kali ini ia mendapat umpan terobosan dari Kevin Strootman di sisi kiri sebelum mengecoh pengawalnya dan menaklukkan Curci dengan sepakan kaki kanan.

Ini merupakan dwigol perdana Gervinho, sejak ia menyumbang dua gol untuk Arsenal saat melawan Southampton 13 bulan silam.

Pemain pengganti pada babak kedua Adem Ljajic melengkapi pesta gol Roma, ketika ia melepaskan sepakan cungkil melewati Curci pada menit ke-85.

Pada pertandingan sebelumnya, tandukan di babak kedua dari gelandang Prancis Paul Pogba mengamankan kemenangan 1-0 bagi Juventus pada pertandingan “derby” di kandang Torino.

Inter Milan terpaut jarak tujuh menit dari mengoleksi 16 angka ketika penyerang Argentina Mauro Icardi membawa mereka unggul 1-0 pada babak kedua di Caglairi, sebelum pemain Belgia Radja Nainggolan menyamakan kedudukan untuk tuan rumah sehingga pertandingan berakhir imbang 1-1.

Di tempat lain, tim juru kunci Sassuolo menikmati sore yang mendongkrak moral ketika mereka bangkit dari tertinggal 0-2 untuk memaksakan hasil imbang 2-2 saat menjamu Lazio, ketika Catania mencetak gol di kedua babak untuk menang 2-0 atas Chievo.

Penalti pada menit ke-74 dari pemain Brazil 21 tahun Jorginho menjadi faktor pembeda ketika Verona menang 2-1 atas Livorno, dan Atalanta menjauhi zona degradasi berkat kemenangan 2-0 atas Udinese.

Pada Sabtu, Goran Pandev mengakhiri puasa golnya dengan menorehkan dua gol pada babak pertama untuk mengamankan kemenangan 2-0 atas tuan rumah Genoa yang membuat Napoli memuncaki klasemen.

Pandev telah menjalani sembilan pertandingan tanpa mencetak gol sejak ia membobol gawang Pescara pada April silam.

Namun dengan pelatih Rafael Benitez yang mengistirahatkan penyerang Marek Hamsik dan Gonzalo Higuain menjelang pertandingan Liga Champions melawan Arsenal pada Selasa di Emirates, Pandev mendapat kesempatan langka untuk bermain sejak awal dan ia menjawabnya dengan sumbangan gol pada menit ke-14 dan ke-25.

Benitez bekata, “Saya benar-benar gembira karena kami dapat menang melawan tim yang begitu determinan dan memperlihatkan banyak karakter dan sepak bola berkualitas.” “Agak memalukan karena kami tidak dapat mencetak gol ketiga, kami memiliki sejumlah peluang.” AC Milan meraih kemenangan kedua mereka dari enam pertandingan ketika gol Valter Birsa pada menit ke-46 mengamankan kemenangan 1-0 atas tamunya Sampdoria. (AFP)