Lurah Kebon Bawang Pajang Foto Pembuang Sampah ke Kali

jakarta.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Lurah Kebon Bawang, Makmun, menegaskan akan memberikan sanksi kepada siapa saja yang membuang sampah sembarangan ke kali. Sanksi itu berupa pemajangan spanduk dan banner yang berisi foto pelaku di sepanjang jalan kali, pihak kelurahan juga akan meminta KTP pelaku, dan kemudian akan dipanggil ke RT dan RW setempat.

“Upaya ini dilakukan sebagai efek jera agar warga tidak membuang sampah sembarangan ke kali,” kata Lurah Kebon Bawang, Makmun, kepada wartawan di Kantornya, Senin (30/9).

Saat ini, kata Makmun, pihak Kelurahan akan mengadakan program memotret pembuang sampah yang akan dilakukan di sepanjang Kali Swasembada, Kebon Bawang, Jakarta Utara, mulai pekan depan. Sementara, untuk mendukung program tersebut, petugas Satpol PP akan ditempatkan untuk mengawasi kali tersebut, lalu memotret warga yang membuang sampah sembarangan ke kali.

“Kali di sini sudah bersih ya, kalau nanti ada warga buang sampah ke kali lagi, sembarangan, maka petugas kami yang akan memotretnya. Kami juga sudah memberikan fasilitas dan alat kebersihan seperti tong sampah, jaring sampah, dan bak sampah di sediakan di sekitar kali. Jadi, warga tidak punya alasan lagi untuk membuang sampah ke kali,” ujar Makmun.

Diketahui sebelumnya, kali Swasembada, Kebon Bawang, Jakarta Utara, dibersihkan warga bersama pegawai PT Pelindo II Tg Priok pada Minggu (29/9) kemarin. Aksi kali bersih dimulai dari Jembatan Gotong Royong sampai ke Jembatan Ampera sepanjang 600 meter serta penanaman pohon. (RH)