Preview Liga Champions

Dortmund, Jerman, Sayangi.com – Borussia Dortmund akan menjamu Olympique Marseille, Selasa, dan kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan setelah pada laga awal kalah, agar tetap terbuka peluang mereka maju ke babak fase sistem gugur kompetisi Liga Champions.

Setelah kalah atas saingan mereka di kompetisi Bundesliga, Bayern Munich, pada babak final musim lalu, Dortmund mengawali kompetisi musim ini dengan buruk, kalah 1-2 atas Napoli pada laga Grup F sedangkan Marseille tumbang 1-2 atas Arsenal.

Laga di Napoli itu merupakan malam buruk bagi bek tengah Borussia Mats Hummels, yang tumbang karena cedera kaki, penjaga gawang Ronen Weidenfeller dikeluarkan dari lapangan dan pelatih Jurgen Klopp dilarang di tepi lapangan karena mengganggu wasit.

Weidenfeller dilarang tampil pada laga Selasa di lapangan Dortmund, Signal Iduna Park, sedangkan Klopp akan berada di bangkunya setelah dilarang tampil satu pertandingan oleh badan sepak bola Eropa UEFA.

Mengomentari kekalahan di Napoli, Klopp menyatakan, “Kami belum menunjukkan performa terbaik kami, dan kami belum kalah. Melainkan akan ada kemenangan yang muncul Selasa.” Para pemain Jerman itu berusaha membalas dendam pada laga Liga Champions lawan Marseille setelah Dortmund dan OM, setelah kedua tim itu bertemu pada babak penyisihan dua tahun lalu ketika Marseille menang di kandang 3-0 dan unggul 3-2 pada laga tandang.

Borussia melakukan pemanasan menjelang kunjungan lawannya dari Prancis, dengan kemenangan 5-0 di Freiburg, Sabtu, sehingga tetap berada di puncak klasemen Bundesliga setelah unggul selisih angka dengan juara Eropa, Bayern.

Pemain sayap Jerman, Marco Reus dan striker Robert Lewandowski, keduanya mencetak gol dua kali dan striker Polandia itu mengaku Dortmund menargetkan kemenangan besar atas Marseille.

“Kami ingin mencetak angka banyak pada babak pertama (lawan Freuburg), karena kami akan melawan tim besar di Liga Champions,” kata Lewandowski.

“Kami konsentrasi kuat untuk meraih kemenangan dan kami gembira karena kami mendapatkannya ketika melawan Freuburg,” katanya.

Dortmund akan melwan Marseille tanpa bek kiri Jerman Marcel Schmelzer, yang absen selama tiga minggu karena mengalami cedera pada paha kakinya ketika mengikuti sesi latihan Jumat.

Schmelzer diharapkan dapat turun lapangan ketika Dortmund melakukan pertandingan tandang lawan Arsenal pada 27 Oktober, tetapi kelihatannya akan absen dalam tim Jerman pada penyisihan Piala Dunia melawan Republik Irlandia dan Swedia bulan depan.

Pemain tengah Jerman Sven Bender juga diharapkan dapat bermain, setelah keluar pada setengah permainan lawan Freiburg karena mengalami cedera bahu, karena jatuh terlentang setelah berebut bola dengan lawan di udara.

Marseille melakukan pemanasan untuk melawan Dortmund dengan kemenangan 2-0 di Lorient pada Sabtu, untuk tetap bercokol di urutan ketiga klasemen sementara Liga Prancis dan dua gol mereka diciptakan Mathieu Valbuena dan Andre Ayew, pada babak kedua.

Pemain bertahan Jeremy Morel istirahat karena cedera kaki sedangkan striker Andre-Pierre Gignac kelihatannya sudah dapat turun lapangan setelah sebelumnya sakit dan tidak turun dalam dua pertandingan sebelumnya. (AFP)