Mandiri Jakarta Marathon Target 10.000 Peserta

Foto: Sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – Sebagai langkah mempromosikan Jakarta ke dunia internasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, menggelar Mandiri Jakarta Marathon (JakMar) 2013.

Event berskala internasional ini merupakan sport tourism (olahraga wisata) pertama di kawasan Asia Tenggara.

Jakmar 2013 akan digelar pada 27 Oktober 2013 di Monas dengan tema Festival City Marathon akan menempatkan Jakarta sebagai destinasi sport tourisman dunia.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, mengatakan bahwa Jakarta Marathon adalah event olahraga berskala internasional yang telah direncanakan sejak lama. Beliau menambahkan bahwa event ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata olahraga di Tanah Air yang dapat mengundang lebih banyak wisatawan mancanegara.

“Kami menargetkan 10.000 pelari yang akan ikut dalam event ini. Kami optimis target tersebut dapat tercapai, melihat antusiasme masyarakat dan para pelari yang telah mendaftarkan diri. Sekarang saja, sudah ada 17 pelari elit dunia yang telah menyatakan dirinya akan ikut dalam lomba ini,” ujarnya.

“Berdasarkan hasil kalibrasi tersebut, pada 19 Juni lalu, IAAF secara resmi menerbitkan sertifikasi rute JakMar 2013 dengan nilai grade A. Dan tingkat elevasi rute 0 meter per km. sertifikasi ini berlaku hingga 5 tahun mendatang,” terangnya.

Sapta memaparkan rute Jakmar 2013 ini dirancang supaya peserta lomba dapat berwisata menikmati keindahan kota Jakarta dengan menyusuri sudut-sudut keanggunan situs peninggalan sejarah, bangunan dan museum bersejarah. Serta deretan kemegahaan bangunan jakarta masa kini.

Gubernur Jakarta, Joko Widodo, menyatakan, “Rute Jakarta Maraton akan melewati beberapa landmark wisata terkenal di Jakarta, seperti Monumen Nasional atau Monas, Masjid Istiqlal yang letaknya di seberang Gereja Katedral, Kota Tua dan area Bundaran Hotel Indonesia.” Beliau menambahkan bahwa, “Jakarta menyambut Jakarta Marathon pertama yang akan menjadi acara tahunan Jakarta dan Indonesia. Kami berharap bahwa kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkat setiap tahunnya. Di Jakarta Marathon, akan ada pula suguhan berbagai seni dan festival budaya dari seluruh wilayah di Indonesia.”

Acara ini akan dipromotori oleh Inspiro bekerjasama dengan pihak penyelenggara Jakarta Marathon yang telah ditunjuk. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan Amaury Sport Organisation (ASO) telah ditunjuk sebagai dua organisasi paling penting dalam menyukseskan Jakarta Marathon.

Ada enam kategori di Jakarta Marathon, yaitu full marathon, half-marathon, 10K, 5K, kursi roda dan sprint untuk anak-anak.
 
Adapun keikutsertaan Indonesia di Marathon de Paris 2013 ini dimaksudkan juga untuk melakukan observasi tentang bagaimana menyelenggarakan sebuah acara marathon dengan baik, mulai dari desain, mekanisme, metode dan struktur manajemen. Tentunya adalah juga untuk tujuan mempromosikan dan mengundang para atlet dunia dan masyarakat internasional untuk berpartisipasi di Jakarta Marathon.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi Jakarta Marathon: www.thejakartamarathon.com. (Opak)