Mabes Polri Tak Hendak Jamah Ranah Presiden

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Mabes Polri tak mau ikut campur soal pencalonan Kabareskrim Komjen Sutarman sebagai calon tunggal pengganti Kapolri Timur Pradopo.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Ronny F Sompie mengatakan, Mabes Polri sekarang ini dalam posisi menunggu hasil yang tengah diproses oleh Presiden dan DPR. Ia menegaskan, kewenangan penuh diserahkan kepada kedua lembaga tersebut.

“Kita masih menunggu proses selanjutnya yang terkait dengan kewenangan. Kita serahkan ke Presiden dan DPR,” ungkap Ronny, di Mabes Polri, Senin (30/9). Lebih jauh, saat disinggung soal penolakan calon tunggal yang diajukan Presiden, Ronny kembali tegaskan tidak masuk dalam ranah itu.

“Itu kewenangan Presiden,” pungkasnya. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merekomendasikan Komjen Sutarman sebagai calon tunggal calon Kapolri. Sutarman adalah lulusan Akpol 81, sama angkatannya dengan Panglima TNI saat ini. Jadi, kami memperkirakan koordinasi dan sinerginya sangat bagus karena sudah saling mengenal.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menyerahkan surat penunjukan itu kepada pimpinan DPR RI. Penunjukan Calon Kapolri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2/2002 tentang Polri. (MSR)