Cara Ampuh Atasi Flu dan Pilek Tanpa Obat

Foto: morrisonhealth.com

Jakarta, Sayangi.com – Kondisi cuaca yang tidak menentu, sistem kekebalan tubuh yang menurun, kurangnya konsumsi air, dan kelelahan merupakan pemicu utama dari penyakit Flu (Influenza) dan Pilek (Common Cold). Dua penyakit ini dapat dengan mudah dan cepat menginfeksi siapa saja, karena penularannya bisa dari udara bahkan lewat sentuhan.

Obat-obat untuk mengatasi flu sendiri  memang dapat dengan mudah Anda temukan, namun sebenarnya fungsi obat tersebut hanya mengurangi gejala namun bukan menghilangkan. Adapun dasar penyembuh atas dua penyakit tersebut adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan virus dan meringankan gejala flu dan pilek yang membuat aktivitas Anda tidak nyaman. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara ampuh atasi flu dan pilek dengan cara alami.

Garam

Garam meja dapat menjadi obat alami saat terkena flu karena cuaca. Air garam sangat efektif mengatasi dahak karena mampu menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan. Fungsi lainnya adalah mengencerkan lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan.

Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang membuat tenggorokan bengkak sekaligus mematikan kuman. Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buatlah larutan garam dengan air hangat, dan berkumurlah dengan air garam tersebut sebanyak tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala flu

Lemon dan Madu

Lemon dan madu juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi flu dan pilek. Caranya, ambil segelas air panas dan masukkan irisan lemon dan dua sendok makan madu kemudian minum selagi panas. Sebelum tidur, hisaplah permen mengandung lozenge seperti streptills atau permen woods.

Sup Ayam

Cara tradisional supaya flu cepat sembuh yang menganjurkan seseorang memakan sup ayam ternyata tidak hanya sekedar mitos. Khasiat dari memakan sup ayam adalah  membuat perasaan menjadi nyaman dan mencegah penyebaran neutrofil ke dalam saluran pernapasan. Neutrofil  sendiri merupakan sel darah putih yang dapat menyebabkan peradangan demam. Manfaat sup ayam yang lainnya adalah menghambat produksi lendir, menghangatkan sekitar rongga hidung yg mampu mengurangi gejala dari sakit flu & pilek, melegakan hidung saat bernafas dan menghangatkan suhu tubuh.

Terapi Uap Tradisional

Selain makan sup ayam, penguapan juga menjadi salah satu cara tradisional untuk mengatasi flu dan pilek. Buat ramuan uap Anda sesuai selera. Cukup rebus daun mint, atau rosemary, dan hirup uapnya segera dengan cara masukan ramuan air panas ke dalam baskom, kalungkan handung menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah di atas baskom. Cara lain Anda dapat mandi uap yang juga membantu meringankan sakit kepala dan dada sesak. Untuk cara instan, menghisap permen mint, menghirup minyak kayu putih, jahe atau kunyit dapat meredakan pilek Anda sementara.

Aroma Bawang

Bawang juga dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar lima menit. Jika Anda suka, Anda dapat mengkonsumsi bawang putih sebagai obat alami lainnya. Bawang putih kaya antioksidan yang mendukung sistem imun. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Begitu Anda bersin, segera konsumsi bawang putih mentah yang sudah diiris tipis bersama biskuit tawar. Napas Anda sedikit berbau tajam, tetapi tubuh Anda akan membaik.

Selain beberapa tips diatas, cara terbaik untuk mendukung penyembuhan adalah dengan mengkonsumsi air putih serta istirahat yang cukup. (MI)