Pinjam Pulpen Bisa Bikin Keracunan Makanan

Foto: gallery.gerardprins.com

Jakarta, Sayangi.com – Ada sebuah fakta mengerikan yang terjadi dalam 15 tahun terakhir. Terjadinya peningkatan kasus keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri. Terkadang tanpa kita sadari, seringkali kita meminjam beberapa barang baik dari teman sekelas ataupun rekan kerja. Namun kita tak pernah tahu apakah barang-barang yang kita pinjam tersebut aman dan tidak berbahaya. Memang tidak ada yang bisa menjamin semua hal yang kita pegang adalah higienis, namun selagi memang masih ada berbagai cara untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya kita ikuti. Berikut beberapa benda yang ternyata dapat menjadi sangat berbahaya apabila kita gunakan secara bergantian. Cek yuk.

• Handphone.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine yang dilakukan terhadap 390 handphone, ditemukan bahwa hampir semua handphone mengandung bakteri. Beberapa diantaranya bahkan mengandung 1000 jenis kuman yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Tapi anda tidak perlu khawatir, kulit manusia dirancang sebagai pelindung terhadap berbagai kuman. Namun disaat kondisi anda sedang tidak sehat, maka dalam hitungan detik, kuman tersebut dapat menyerang anda. Jadi tetap berhati-hatilah untuk meminjamkan handphone.

• Keyboad dan Mouse Komputer
Menurut sebuah lembaga konsumen, ditemukan bahwa keyboard komputer di perkantoran mengandung kuman 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan dudukan toilet. Hiii… mengerikan sekali. Sementara, mouse komputer sendiri, menurut University of Arizona, rata – rata mengandung 1.676 mikroba per inci persegi. Sebenarnya hal tersebut tidaklah aneh, karena kurang lebih sekitar 10 persen pekerja kantor mengaku bahwa mereka tidak pernah membersihkan keyboard mereka, selain itu mereka juga rata-rata memiliki kebiasaan untuk makan di meja kerja mereka, hal tersebut memungkinkan remah-remah makanan yang terjatuh akan menjadi pemicu berkembangnya koloni bakteri.

• Pulpen
Jika anda hendak meminjam pulpen atau meminjamkan pulpen yang anda miliki kepada orang lain, sebaiknya anda harus berfikir dua kali. Tahukah anda? Menurut survey 1000 dari warga Amerika Serikat, satu dari 5 pekerja kantor seringkali mengaku bahwa mereka menghisap ataupun juga menggigit ujung pena yang mereka miliki. Selain itu,tak jarang juga ada yang menjadikan pulpen sebagai alat penggarauk punggung atau pengganjal meja dan juga pintu. Hal – hal tersebut yang memicu kontaminasi bakteri pada alat tulis atau pulpen yang hendak kita pinjamkan atau yang kita pinjam. Ada baiknya anda tinggalkan kebiasaan anda untuk menggigit pulpen dan menggunakannya sebagai alat penggaruk.

Itulah beberapa barang yang ternyata dapat berbahaya apabila kita pinjamkan atau kita pinjam dari orang lain. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat. (FIT)