Pakistan Diserang Gempa 7.7 Skala Richter, 476 Tewas

Foto: Xinhua

Islamabad, Sayangi.com – Hingga Senin (30/9) sedikitnya ditemukan 476 orang tewas dan 425 lainnya luka-luka dalam serangkaian gempa bumi 7 skala richter yang melanda sebelah barat daya provinsi Balochistan, Pakistan pekan lalu.

Mayor Jenderal Asim Saleem Bajwa, juru bicara Humas negara mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Senin (30/9) bahwa gempa menghancurkan 20 ribu rumah dan membuat lebih dari 100.000 orang yang ada di seluruh provinsi terkena imbasnya.

Lebih dari 2.000 tentara termasuk dokter dan petugas medis mengambil bagian dalam operasi penyelamatan di wilayah yang terkena gempa meskipun terdapat tantangan keamanan.

Bajwa mengatakan, bahwa pasukan yang melakukan penyelamatan dan operasi bantuan di provinsi sudah terkena enam serangan selama mereka berada di lokasi penyelamatan. Namun, para prajurit tentara Pakistan akan tinggal di daerah tersebut sampai selesai operasi.

Juru bicara itu mengatakan bahwa tentara Pakistan telah mendistribusikan 5.500 tenda dan 207 ton paket ransum untuk korban gempa bumi selamat yang kini tengah mengungsi di tempat yang aman.

Sebuah gempa berkekuatan 7,7 melanda provinsi itu pada Selasa (24/9) dan empat hari kemudian, gempa lain berkekuatan 7,2 magnitude mengguncang daerah yang sama pada hari Sabtu (28/9).

Kantor BMKG setempat mengatakan bahwa episentrum kedua gempa bumi ditentukan di distrik Awaran Balochistan, di mana terjadi guncangan paling keras saat gempa.

Beberapa pejabat dari pemerintah kota mengatakan bahwa, lebih dari 95 persen rumah di distrik itu diratakan dengan tanah setelah gempa bumi. (FIT/Xinhua)