Sempat Dikira Replika, Inilah Lukisan Wajah Asli Napoleon

Foto: BBC

London, Sayangi.com – Lukisan sosok Napoleon ini sempat dikira replika, namun belakangan terbukti, ini karya asli pelukis ternama Prancis, Jacques-Louis David, yang selama ini hilang. Jadi, wajah Napoleon di lukisan itu pun boleh disebut sebagai wajah asli.

Lukisan tersebut ditemukan kembali oleh seorang peneliti di University of Reading, Inggris. Pada tahun 2005 dibeli seharga 15,000 poundsterling (sekitar Rp 277 juta) oleh seorang kolektor lukisan pribadi. Bandingkan dengan karya asli David yang lain, terakhir kali terjual seharga 2,14 juta poundsterling (Rp 40 miliar) pada 2006.

Lukisan yang sebelumnya diyakini telah hilang itu menggambarkan Napoleon pada tahun 1813, ketika Inggris dan Prusia mengancam untuk menyerang Prancis. Kolektor pertamanya yang tercatat adalah keluarga Borthwick-Norton di Borthwick Castle, selatan Skotlandia. Lukisan itu kemudian diwariskan kepada keturunan keluarga tersebut, Eva Sardinia Borthwick-Norton, yang lantas menghadiahkannya kepada Royal Scottish Academy.

Dr Lee seorang sejarawan senior dari University of Reading mengatakan: “Tidak diketahui bagaimana lukisan itu bisa sampai di Skotlandia, tetapi Prancis dan Skotlandia memiliki aliansi kuno melawan musuh bersama – Inggris. Jadi kehadiran di Skotlandia mungkin lebih banyak merupakan bukti dari kekaguman terhadap Kaisar Prancis ini.”

“Dilukis dengan menggunakan seragam lengkap Garda Nasional, Napoleon mempromosikan dirinya sebagai pelindung dan pembela bangsa pada saat Prancis berada di bawah ancaman besar.” Menurut Dr. Lee, lukisan itu bertujuan membina patriotisme tetapi pesan itu tidak pernah mencapai khalayak luas karena invasi sekutu yang membuat lukisan tersebut tidak bisa diedarkan. (MSR/BBC)