Megan Buktikan, Filipina Serius Soal Ratu Kecantikan

Foto: Deutsche Welle

Jakarta, Sayangi.com – Bagi Filipina, negara dimana kontes kecantikan menjadi urusan serius, kemenangan dalam ajang kecantikan Miss World 2013 harus dirayakan sedemikian rupa.
 
Kemenangan Megan Young, 23 tahun, menjadi berita utama di berbagai surat kabar besar di Filipina. Karena seolah menjadi bukti cantiknya wanita Filipina yang paripurna. Ya, mereka telah memenangi seluruh kontes atau ajang lomba kecantikan besar, setelah sebelumnya berjaya di ajang Miss Universe dan Miss Internasional.

Ramon Carandang, Sekretaris Komunikasi Presiden Benigno Aquino memberi selamat kepada Young melalui siaran radio milik Pemerintah. “Ada lagi orang Filipina yang di luar sana … dan menunjukkan kepada seluruh dunia, apa yang bisa kita lakukan sebagai orang Filipina dan menjadi alasan lain bagi kita untuk berbangga,” kata Carandang.

“Akhirnya, mahkota bermanik biru untuk Filipina,” tulis Manila Bulletin sebagai laporan utama. Surat kabar itu juga menyebut-nyebut soal pengamanan ketat di ajang Miss World di Pulau Bali Indonesia, menyusul protes berminggu-minggu kelompok Islam garis keras yang memaksa ajang itu agar dipindah ke Bali, dari rencana awal di ibukota Jakarta.
 
Di Filipina, yang berpenduduk mayoritas Katolik, kemenangan Young – seorang mahasiswi perfilman di universitas terkenal – dirayakan meriah, khususnya di media sosial. “Saya merasa bangga. Kecantikan Pinay (Filipina) telah keluar dan mencapai puncak,” kicau seorang warga Filipina melalui Twitter.
“Saya sangat bangga kepada kamu Megan. Kamu membuktikan bahwa kita cantik. Saya bangga sebagai orang Filipina,” tulis pesan lainnya.

Ratu kecantikan di Filipina banyak yang sukses berkarier sebagai aktris dan model pakaian terkenal.
Tapi Megan Young, sebelum menjadi Miss World telah jauh dikenal sebagai veteran dunia pertunjukan. Ia menjadi pembawa acara TV dan membintangi sejumlah acara di layar kaca maupun dunia film Filipina sejak tahun 2005. (MSR/DeutscheWelle)