Hindari Makanan Ini Saat Sarapan

Foto: newportcreamery.com

Jakarta, Sayangi.com – Banyak dokter dan pakar gizi menyarankan untuk sarapan untuk memulai hari, meski bagi penganut diet OCD ala Deddy Corbuzier tak setuju dengan sarapan pagi. Tapi rupanya, ada benarnya juga untuk tidak sarapan makanan yang ‘sudah biasa anda makan’ setiap pagi sebelum memulai hari untuk menghindari kanker dan diabetes. Apa saja sih makanannya?

* Bacon, ham dan sosis

Daging olahan memiliki nitrat yang terkait dengan kanker kolorektal. Bahkan, Institute for Cancer Research menerbitkan daftar sepuluh hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker. Menghindari nitrat adalah nomor satu dari daftar tersebut. Apa artinya bagi pemakan daging untuk sarapan pagi? Ini saatnya menemukan pilihan sarapan yang berbeda.

* Sereal manis

Bagaimana Anda bisa tahu perbedaan antara sereal manis yang buruk dan yang baik untuk kesehatan Anda? Beberapa sereal penuh karbohidrat dan gula. Ketika Anda makan cereal dengan karbohidrat dan gula yang terlampau tinggi, gula darah cepat naik tajam dan perut anda pun lebih sering kembung. Karena Anda mungkin tidak ingin energi dirusak dengan kehadiran pencernaan yang bermasalah, pilihlah sereal dengan kandungan serat tinggi dan protein. Tambahkan walnuts sehingga lebih banyak protein dan serat yang masuk ke tubuh anda.

* Pancake dengan sirup maple buatan

Ada banyak restoran cepat saji yang menghadirkan pancake dan sirup maple sebagai penganan wajib untuk sarapan. Tapi tahukah anda bahwa pancake dengan sirup maple sama sekali tak sehat untuk sarapan? Sirup maple alami memang merupakan pemanis yang sehat. Tetapi, ada banyak jenis sirup maple buatan di pasar yang dibuat dengan sirup jagung fruktosa tinggi. Pemanis yang berasal dari jagung juga hadir dalam sebagian besar makanan olahan dan kemasan. Padahal, sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu obesitas yang membuat perut buncit dan menumpuk lemak visceral yang disimpan antara organ-organ. Ini adalah lemak yang mengarah ke kanker. Sebuah penelitian terbaru di jurnal satu juga mengungkapkan tentang fruktosa yang dikonsumsi dengan sirup jagung yang tinggi untuk diabetes tidaklah aman bagi tubuh.

Jadi, jauhi makanan itu untuk sarapan dan bergantilah dengan makanan sehat yang kaya protein dan penuh serat untuk memulai hari anda lebih berenergi. Atau memilih diet OCD dengan men-skip sarapan? Anda yang memilih. (FIT)