4 Waduk Hulu Ciliwung Dianggarkan 1,2 T

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Upaya untuk mengatasi banjir di Jakarta, Pihak Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat bakal membangun empat buah waduk di hulu sungai Ciliwung. Dan biaya yang bakal dihabiskan dalam pembuatan waduk tersebut mencapai Rp 1,2 triliun.

Hal ini diungkkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, di Balaikota, Jakarta, Rabu (2/10).

“Anggarannya Rp 1,2 triliun. Pembagian saham atas nilai proyek waduk long storage, penampungan memanjang, memiliki komposisi 51:49. Artinya, 51 dikelola BUMN dan 49 dikelola BUMD. Kalau saya minta 50-50, bila di perusahaan ada masalah, susah dipecahkan, akhirnya proyek macet. Meski selisih satu persen, tapi tetap ada solusi,” kata Dahlan Iskan, kepada wartawan usai menandatangani kerja sama penanggulangan banjir dan penyediaan air baku dengan Pemprov DKI Jakarta di Balaikota DKI.

Proyek pembangunan waduk tersebut, kata Dahlan, menggunakan teknologi terasering. Waduk akan dibangun kurang lebih seluas 40 hektar di daerah Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, Dahlan enggan menyebutkan lokasi waduk.

“Lokasinya rahasia, belum bisa dijelaskan,” ujar Dahlan.

Diketahui proyek tersebut melibatkan BUMN dan BUMD. BUMN diwakili PT Hutama Karya (Persero) dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), sedangkan BUMD diwakili PT Pembangunan Jaya dan PAM Jaya. (GWH).