Terkait Kasus AM, MK Bentuk Majelis Kehormatan

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Menanggapi tertangkaptangannya ketua MK Akil Muchtar,  Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan akan segera membentuk Majelis Kehormatan. Hal ini dinyatakan oleh seluruh  jajaran Hakim Konstitusi dalam konferensi pers di Gedung MK, Kamis (3/10) dini hari. 

“Kami menunggu perkembangan yang ada. Kami menghimpun informasi. Dan sambil menunggu perkembangan kami mengambil langkah membantuk Majelis Kehormatan dalam rangka untuk memeriksa kasus ini (dugaan suap AM),” kata Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva.

Menurut Hamdan, Majelis Kehormatan yang dibentuk nantinya akan diisi oleh salah satu Hakim Konstitusi, salah satu pimpinan Komisi Yudisial, mantan pimpinan lembaga negara dan guru besar senior bidang hukum.

Pihaknya dalam waktu dekat akan mencoba menghubungi orang-orang yang tepat masuk dalam Majelis Kehormatan. 

Fungsi Majelis Kehormatan MK ini, menurut Hamdan, akan memeriksa ranah etik hakim. Majelis Kehormatan  tidak akan mengganggu upaya penyidikan tindak pidana korupsi yang dilakukan KPK. 

“Putusan yang dikeluarkan Majelis Kehormatan dapat berupa bebas tanpa tuduhan, peringatan, peringatan keras, hingga diberhentikan dengan tidak hormat,” kata Hamdan .

Ditambahkan oleh Hamdan, Majelis Kehormatan tidak ada kaitan dengan proses hukum AM. AM sendiri belum dinonaktifkan, kami masih melihat perkembangan. (VAL)