Ahok Siapkan Bus Gratis dan Blokir STNK

Foto: Ahok.org

Jakarta, Sayangi.com – Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengatasi kemacetan di Jakarta. Berbagai program telah disiapkan. Salah satunya dengan menyiapkan sarana transportasi massal gratis.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut pihaknya tengah mempersiapkan sarana transportasi massal yang nyaman. Ini ditujukan agar para pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil bisa beralih ke tranportasi umum. Meskipun program mobil murah tetap dijalankan pemerintah pusat.

“Nah, sekarang bagaimana kita bisa menyediakan bus murah dengan hanya membayar Rp 250 ribu-Rp 300 ribu, orang bisa naik bus seenaknya. Kami juga bakal menyediakan bus-bus gratis,” katanya.

Selain sarana bus gratis dan bus murah, Ahok juga akan memperbaiki sarana transportasi busway. Jumlah armadanya akan ditambah. Menurut Ahok, agar jadwal busway setiap 3 menit sekali, maka Jakarta membutuhkan 1.000 unit bus.

“Setelah 9 tahun atau hingga saat ini armada busway hanya 600 unit. Itupun yang layak jalan hanya 60%,” katanya.

Ketika busway sudah lengkap dan sitem transportasi sudah terintegrasi, pihaknya akan memperketat kendaraan pribadi yang masuk jalur busway. Dia menyebut, bahwa kendaraan pribadi yang masuk jalur busway akan diblokir STNK-nya.(GWH)

Selain itu, pihaknya juga akan menertibkan kendaraan-kendaraan ngetem, ojek, dan pedagang kaki lima (PKL) akan ditertibkan. Tapi intinya, untuk membebaskan Jakarta dari kemacetan adalah dengan membuat transportasi massal yang aman dan nyaman.

“Untuk itu, kami juga sedang memulai MRT dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI. Dan bisa selesai 2018, dan siap beroperasi,” katanya.