Presiden Barrack Obama Pasti Hadiri APEC di Bali

Foto: apec2013

Washington, Sayangi.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dijadwalkan bertolak ke Indonesia Minggu (6/10) malam untuk menghadiri APEC yang berlangsung 7-8 Oktober di Bali. Kepastian itu disampaikan Gedung Putih Rabu (2/10). Namun, rencananya singgah ke Brunei Darussalam untuk mengikuti pertemuan puncak Asia Timur dan Malaysia untuk pertemuan Wirausaha Dunia, digagalkan. Obama mewakilkannya pada Perdana Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Pembatalan kunjungan Presiden AS ke Malaysia dan Filipina dilakukan setelah terjadi kegagalan Kongres dalam menyetujui anggaran baru yang mengakibatkan negara itu menghentikan sebagian operasional pemerintahannya. Lebih dari 700.000 pegawai pemerintah diminta untuk mengambil cuti tanpa tanggungan. Penutupan sebagian kantor pemerintah ini antara lain berdampak pada pelayanan pembuatan paspor, pembayaran pensiun dan penutupan taman nasional.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan Presiden Obama batal berkunjung ke negaranya secara mendadak dan tidak terduga. Namun menurutnya, pemerintah Malaysia memahami posisi Obama saat ini. Semula Presiden Obama dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Najib Razak dan juga akan memberikan ceramah dalam acara pertemuan Wirausaha Dunia, setelah menghadiri APEC di Bali.

Sebelumnya, di Jakarta Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah hingga kini belum menerima pemberitahuan tentang kemungkinan pembatalan kunjungan Presiden Obama. Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah menyiapkan segala hal sesuai dengan rencana. (FIT/BBC)