Bahaya Kebakaran Ancam Jakarta

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Musibah kebakaran menjadi momok yang menakutkan bagi warga Jakarta. Hampir setiap hari, musibah ini menghampiri ibukota. Kerugian pun sudah mencapai miliaran rupiah, bahkan lebih memiriskan, puluhan manusia telah menjadi korban jiwa.

Musibah kebakaran terakhir menimpa sebuah pabrik plastik yang berada di samping puskesmas di kawasan Duta Mas, Jelambar Baru, Jakarta Barat. Api yang melahap dengan cepat merembet ke beberapa bangunan yang ada di sampingnya. Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 10.05 WIB, Kamis (3/10).

Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta, hingga 25 September lalu sudah 712 kasus kebakaran terjadi di Jakarta.

“Kebanyakan penyebabnya adalah korsleting listrik. Jadi, harusnya warga jangan menumpuk steker. Perlu memeriksa instalasi masih layak atau tidak, sambungan yang tidak kencang, dan sebagainya,” kata Kepala Damkar dan PB DKI Jakarta, Subejo, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (3/10).

Subejo menyampaikan, mulai Januari hingga 25 September 2013, peristiwa kebakaran mencapai 712 kasus.
Jumlah tersebut tersebar di lima wilayah DKI Jakarta, yaitu di Jakarta Pusat 97 kasus, Jakarta Utara 109 kasus, Jakarta Barat 199 kasus, Jakarta Selatan 151 kasus, dan Jakarta Timur 155 kasus.

“Kerugian akibat kebakaran ini yang terjadi diperkirakan mencapai Rp 124 miliar. Namun, jika dibandingkan tahun lalu, kerugian mencapai Rp 290 miliar, dan diprediksi akan menurun. Ya, upaya yang dilakukan sama saja. Disiapkan orang kami, mengadakan latihan dan sosialisasi kepada masyarakat. Jadi sama saja,” pungkas Subejo. (GWH).