Jakarta Monorail Resmikan Kesepakatan dengan CCCC

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – PT. Jakarta Monorail hari ini (3/10) menandatangani kesepakatan kerja sama dengan China Communications Construction Company Ltd. (CCCC) untuk pendanaan Proyek Monorel dengan nilai investasi sebesar 1,5 Milyar dolar AS atau sekitar 1,5 Trilyun.

Penandatanganan kesepakatan ini disaksikan oleh presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Republik China Xi Jinping sehubungan dengan kunjungan kenegaraan presiden China ke Indonesia.

Berdasarkan kesepakatan ini pihak CCCC akan merancang dan membangun Proyek Monorel serta mengembangkan sistem yang terintegrasi (Transit Oriented Development). Selain itu, PT Jakarta Monorail dan CCCC sepakat akan membangun pabrik khusus untuk pemliharaan dan perakitan kereta monorel yang diimpor dari China.

Komisaris Utama PT Jakarta Monorail, Edward Soeryadjaya mengatakan, kerja sama PT Jakarta Monorail dengan CCCC merupakan kunci jawaban yang menggerakkan pembangunan Proyek Monorel pada tahap awal serta berperan penting dalam suksesnya pengembangan moda transportasi umum yang terintegrasi dengan baik.

Sementara itu, Executive President CCCC International, Mo Wenhe yakin bahwa investasi CCCC di Proyek Monorel merupakan merupakan langkah yang tepat dan kami berharap dapat berbagi pengalaman kami dalam pembangunan proyek infrastruktur berskala besar.

Dalam kesepakat tersebut, PT Jakarta Monorail memiliki opsi untuk menggandeng PT INKA sebagai mitra strategis dalam perakitan kereta monorel serta mendirikan pabrik pembuatan monorel.

Mewakili pendiri PT Jakarta Monorail, Sukmawaty Syukur berharap Proyek Monorel dapat berkontribusi terhadap pengembangan industri dalam negeri serta peningkatan kualitas hidup warga Jakarta. Kami sangat senang konstruksi tahap awal sudah bisa dimulai tanggal 16 Oktober nanti.
Proyek Monorel

Rencananya, monorel yang sedang dalam pengerjaan tahap dua ini akan beroperasi di area-area paling strategis di Jakarta.

Terdiri dari dua jalur yang terbentang sepanjang 13,4 KM dengan 16 stasiun dari Palmerah ke Kuningan melalui Sudirman dan Blue Line yang terbentang sepanjang 13,7 KM dengan 14 stasiundari Kampung Melayu sampai ke grogol.

CCCC

CCCC adalah Badan Usaha Milik negara China yang bergerak di bidang infra struktur transportasi yang didirikan pada 2006. CCCC dinobatkan sebagai world’s top 225 international contractors sejak tahun 1992 dan mendapatkan ranking pertama di antara perusahaan-perusahaan China dari segi pendapatan luar negeri. CCCC terlibat juga dalam pembangunan jembatan Suramadu di Surabaya.