IMF Pernah Ingatkan Kebuntuan AS Berbahaya

Foto : bbc

Washington DC, Sayangi.com – Ketua IMF Christine Lagarde pernah mengingatkan, kebuntuan politik Amerika Serikat berbahaya bagi perekonomian global.

Komentar itu merupakan bagian dari pidatonya yang disampaikan di Universitas George Washington, Kamis 15 Maret.

Dalam pidato yang memaparkan tantangan perekonomian global pada dekade mendatang, Lagarde mengatakan Amerika Serikat perlu memulihkan perekonomiannya dalam jangka panjang.

Awal pekan ini, Klik sebagian kantor pemerintah AS tutup setelah Kongres gagal menyepakati anggaran baru. Penutupan tersebut membuat sekitar 700.000 pekerja harus cuti tanpa tanggungan.

Jika tidak dicapai kesepakatan untuk anggaran baru, maka pada tanggal 17 Oktokber pemerintah AS akan kehabisan dana kecuali Presiden Obama dan Kongres mencapai kesepakatan.

Dan dalam pidatonya Lagarde mendesak agar kebuntuan di Amerika Serikat segera dipecahkan.

“Itu misi yang kritis yang harus dipecahkan secepat mungkin,” tegasnya.

Euro dan Jepang Membaik

Lagarde juga menyinggung perekonomian dunia lainnya dengan menyebutkan kemajuan di kawasan pengguna mata uang euro dan Jepang.

Menurutnya perekonomian kawasan euro mulai membaik pada musim semi tahun ini setelah masa resesi setahun lebih dan diperkirakan tumbuh 1% pada tahun depan.

Jepang mendapat pujian karena dianggap berhasil dengan paket perangsang ekonomi besar-besar guna menghadapi deflasi dan meningkatkan GDP sekitar 1%.

“Deflasi sudah memasuki akhir dan optimisme yang baru ada di udara,” tambahnya.

Menutup pidatonya, Lagarde meminta agar para pemerntah bekerja sama dengan lebih baik dalam menepuh reformasi sektor keuangan, yang menurutnya terlalu lambat karena adanya perbedaan antar masing-masing negara.

“Menyatukan semuanya bersama dalam dunia global adalah sakit kepala. Namun kini harus dilakukan, tidak bisa tidak stabilitas keuangan global tergantung pada hal itu.” (bbc)