Mendadak Gedung Putih Kabarkan, Obama Batal ke Bali

Foto: niacouncil.org

Nusa Dua, Sayangi.com – Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa pagi ini, Jumat (4/10) mengumumkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan tidak hadir di ajang Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 di Bali karena masalah di dalam negerinya.

“Kami mendapat informasi dari Gedung Putih pada pukul 8.50 WIB di Jakarta, bahwa Presiden Barack Obama tidak jadi datang ke Indonesia menghadiri KTT APEC karena masalah dalam negeri,” kata Marty di Nusa Dua Bali, Jumat.

Sebagai gantinya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan memimpin delegasi AS pada KTT APEC. “Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memahami kondisi tersebut, dan tentunya hal tersebut tidak akan mempengaruhi jalannya KTT APEC,” katanya.

Rencananya, Presiden Obama akan menghadiri KTT APEC bersama dengan para pemimpin ekonomi lain di Bali pada 7-8 Oktober. Rangkaian kegiatan APEC sudah berlangsung sejak 1 Oktober 2013, di tingkat pejabat menteri yang sudah selasai, dan hari ini akan dimulai pembahasan di tingkat menteri untuk di majukan pada tahanapa pembahasan tingkat pemimipin.

APEC yang didirikan pada 1989 merupakan forum kerja sama ekonomi di lingkar Asia Pasifik, dengan 21 anggota ekonomi. Anggota ekonomi APEC adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam. (MSR/ANT)