Ulang Tahun Ke-68, TNI Pamer Alutsista

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Bertempat di Silang Monas Jakarta Pusat, TNI Angkatan Darat RI menggelar pameran Peralatan Tempur TNI Angkatan Darat bertajuk Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

Pameran yang akan berlangsung sejak tanggal 3 hingga 7 Oktober ini diselenggarakan untuk memperingati HUT TNI AD yang ke-68 pada 5 Oktober mendatang.

“Pelaksanaan pameran bertujuan agar masyarakat mengetahui gelar kekuatan Alutsista yang dimiliki TNI AD sampai dengan saat ini,” tutur Kepala Sub Dinas Penerangan Umum TNI AD (Kasubdis Penum TNI AD) Kolonel Zaenal M kepada Sayangi.com di Monas, Kamis (3/10).

Beliau juga menambahkan bahwa pagelaran ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat terkait anggaran negara yang digunakan untuk membeli Alutsista oleh TNI Angkatan Darat.

“Sekaligus wujud pertanggungjawaban kepada negara dan masyarakat atas anggaran yang diberikan negara kepada angkatan darat,” imbuhnya.

Pameran tersebut terbuka untuk umum. Peralatan tempur yang dipamerkan antara lain ada peralatan Infanteri, Kavaleri, Penerbangan, Altileri Medan dan Altileri Pertahanan Udara, Zeni serta Perhubungan.

Yang tak kalah menariknya, dalam pameran ini juga ditampilkan peralatan tempur terbaru milik TNI, antara lain ada Tank Leopard, Helly Bell 412, MLRS Astros, mistral dan lainnya.

Dari pantauan Sayangi.com dipelataran Monas mulai ramai oleh pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat, baik keluarga ataupun mahasiswa. Pameran ini juga dimanfaatkan oleh para pelajar sebagai study tour. Nampak pula beberapa wisatawan mancanegara yg sedang berkunjung dibeberapa stan.
Pameran ini juga akan diramaikan oleh performence dari artis-artis dan grup band ibu kota, seperti Inul Daratista, Cherry Belle, Five Minutes dan lainnya.

Selama pameran ini diadakan pula lomba foto tema “Kemanunggalan” TNI – Rakyat. Lomba foto tersebut terbuka luas bagi siapa saja. Pendaftarannya bisa melalui stan Media Center Monas. Hasil foto harus diserahkan ke panitia paling lambat tanggal 6 Oktober, dan pengumuman pemenang akan diundi pada tanggal 7 Oktober 2013. (FIT)