Nine Dragon Wall, Simbol Kebangsaan Tiongkok

Foto: Photo Shelter

China, Sayangi.com – Di negeri China, naga merupakan makhluk legendaris dalam aspek mitologis Tiongkok kuno. Dalam aspek kehidupan warga China, Naga juga diibaratkan sebagai simbol kekuasaan, kekuatan, dan keberuntungan. Tak heran jika gambar Naga menjadi simbolisasi kuat atribut para Kaisar China.

Begitupun dengan prasasti dinding dengan ukiran 9 naga raksasa yang terpampang megah di beberapa lokasi di China. Selain di Bei Hai Park Beijing dan Forbidden City, Prasasti dinding 9 Naga tersebut juga bisa ditemui di pusat kota Datong. Bahkan Nine Dragon Wall yang terletak diarea Dadongjie itu merupakan Prasasti 9 Naga terpanjang dan terbesar seantero China.

Prasasti dinding 9 Naga ini pertama kali diprakarsai oleh 25 tahun kekuasaan Kaisar Hong Wu dalam kepemerintahan Dinasti Ming yaitu sekitar tahun 1392 M. Dibangun tepat didepan kediaman Dai king zhu Gui, anak ke 13 dari Zhu Yuan Zhang yang menjadi kaisar pertama dari keturunan Dinasti Ming. Prasasti yang telah berumur kurang lebih 600 tahun itu hingga kini kondisinya sangat terawat, bahkan menjadi landmark prasasti terpanjang dan tertua sedaratan China. Dibentuk atas 426 susunan batu bata kualitas terbaik, dengan ketinggian 8 meter, lebar 2,20 meter, serta panjang 45,5 meter.

Prasasti dinding 9 Naga ini nampak elok dengan 3 bagian, alas, tubuh dan atapnya. Bagian alasnya yang setinggi 2,2 meter didekorasi dengan ukiran binatang seperti sapi, rusa, anjing dan kelinci. Bagian tubuh atau tengahnya nampak eksotik dengan background gelombang hijau dan langit biru muda. Di lengkapi dengan formasi 9 Naga terbang yang berbeda warna serta dengan posisi yang berbeda pula. Naga emas yang terletak di tengah nampak sebagai poros formasi dari 9 Naga tersebut. Dua pasang naga berwarna kuning muda terpusat dimasing-masing sisinya, dengan kepala menunjuk ke arah timur didekat ekornya.

Lalu ada dua pasang naga kuning kedua dengan kepala dan ekor menunjuk kearah barat. Pasangan naga biru nampak sedang berkutat dengan gelombang laut, dan pasangan naga keempat nampak mencerminkan naga yang penuh kekuatan. Konon posisi-posisi sang naga memiliki arti penting bagi masyarakat China, selain mencerminkan kekuatan, kekuasaan, keberuntungan, juga mencerminkan kepiawaian naga dalam mengendalikan faktor angin api dan air. Dekorasi tanaman, air, pegunungan, batu dan rerumputan nampak mempercantik kehadiran sang Naga. Bagian atapnya pun tak kalah menarik dengan warna-warni dekorasi yang cukup rumit namun halus.

Kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan dari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Dengan tiket seharga CNY10. Ingin mendapatkan refleksi prasasti dinding 9 Naga ini? Anda bisa memanfaatkan keberadaan kolam mungil disekitar prasasti tersebut. (FIT)