Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Baik

Foto/Ilustrasi: prlog.org

Jakarta, Sayangi.com – Mempercantik diri merupakan salah satu keperluan wajib bagi kaum wanita. Namun karena berbagai kesibukan, para wanita memilih langkah yang cepat untuk menjaga kulit mereka dengan memanjakan diri di klinik kecantikan.

Bukan rahasia lagi bahwa kini klinik kecantikan telah menjamur dimana-mana. Masing-masing menawarkan beragam style dan produk perawatan yang dapat menambah kecantikan dan keindahan baik tubuh atau kulit anda. Pun bahkan dengan penawaran harga penuh diskon. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips memilih klinik kecantikan yang baik untuk perawatan kecantikan tubuh anda.

Tentukan klinik yang memiliki reputasi baik. Anda bisa mendapatkannya dari rekomendasi rekan atau kerabat serta media ceratk ataupun elektronik terpercaya.
Klinik kecantikan yang baik haruslah mempunyai konsultan yang dapat memberikan solusi bagi setiap problem yang dialami oleh setiap pasiennya. Konsultan sebaiknya merupakan dokter yang ahli di bidang estetika ataupun bidang penunjang lainnya. Misalkan akupunktur, dan lain-lain. Konsultan ini seharusnya dilengkapi dengan surat izin praktik dan data kelengkapan lain yang legalitasnya disahkan oleh pemerintah, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, konsumen mendapat kepastian perundangan.

Hati-hati saat ini banyak yang mengaku ‘dokter’ atau ‘ahli’ tanpa disertai bukti apapun. Konsultan ahli sesuai dengan kapasitasnya merupakan ‘sahabat’ bagi setiap klien, dapat memberikan saran dan motivasi bagi setiap klien untuk mencapai apa yang diharapkan.

Periksa apakah klinik tersebut memiliki sertifikasi dari instansi kesehatan layaknya BPOM. Khusus bagi para wanita muslimah pastikan klinik tersebut memiliki label halal dari MUI terkait produk perawatan yang ditawarkannya.

Hati-hati terhadap pemutih berbahaya seperti merkuri dan produk pengelupasan khusus sesuai peraturan pemerintah. Sebaiknya klinik kecantikan yang baik memiliki instalasi farmasi yang berwenang mengeluarkan produk perawatan atas perintah dokter. Dan produk ini tidak bebas diperjualbelikan karena merupakan produk cosmeceutical (produk kosmetik yang berkhasiat obat. Red). Tentunya setiap individu memerlukan penanganan yang berbeda dan dosis yang berbeda.

Pastikan klinik yang anda pilih tersebut diawasi oleh dokter profesional. Sebab banyak terapis yang tidak memiliki latar belakang keahlian dibidang pendidikan kedokteran. Terapis yang ada di sebuah klinik haruslah dapat diandalkan, agar dapat membantu konsultan di dalam menangani setiap perawatan yang diberikan kepada setiap klien.

Klinik Kecantikan tersebut harus selalu memenuhi standar sesuai kompetensi yang merupakan nilai tambah bagi klinik kecantikan, agar setiap langkah yang diambil di setiap perawatan dapat dipertanggungjawabkan dan menambah kepercayaan klien kepada klinik tersebut.

Pilih waktu terbaik untuk melakukan perawatan. Jika anda pemula, disarankan untuk mengajak rekan atau kerabat anda untuk menemani dan membuat anda nyaman ketika melaksanakan perawatan pertama. (FIT)