Jamin Pasokan Sembako, Ahok Bangun Pusat Logistik

Foto: Ahok.org

Jakarta, Sayangi.com – Untuk memutus mata rantai tengkulak, dan menjaga pasokan logistik pihak Pemprov DKI Jakarta berencana akan membangun pusat logistik. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok), menyebut pusat logistik akan dibangun di Karawang dan Lampung.

Ditambahkan Ahok, pembangunan dua pusat logistik tersebut akan dilakukan tahun depan. Dan dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang akan ditugaskan melaksanakan mnengurusinya adalah PT Pembangunan Jaya dan PD Pasar Jaya.

“Kedua BUMD tersebut harus segera mencari lahan untuk pembangunannya. Pusat logistik kita perlukan agar menjaga ketersediaan sejumlah bahan pokok,” kata Ahok kepada wartawan di Balaikota DKI, Jumat (4/10).

Suplai bahan pokok, kata Ahok, seperti telur, susu, daging sapi dan ayam serta lainnya yang masuk Jakarta bisa terjaga. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap pengendalian harga.

“Tiap tahun masalah kelangkaan bahan pokok selalu terjadi yang berujung pada kenaikan harga. Masyarakat tentu saja dirugikan. Pasar terlalu dikuasai tengkulak sehingga harga sulit dikendalikan,” ujar Ahok.

Menurut Ahok, pemilihan dua wilayah tersebut karena memiliki lokasi strategis. Karawang dibidik untuk persinggahan dari kawasan Jawa. Sedangkan Lapung bisa menjadi pusat logistik untuk penyimpanan bahan pokok dari seluruh kawasan Sumatera.

“Saya tentu yakin kedua perusahaan mampu melaksanakannya. Mereka sudah menyiapkan diri dengan baik. Diharapkan pelaksanaan ini dipercepat sehingga ketersediaan bahan-bahan pokok bisa terjaga untuk tahun-tahun mendatang,” pungkas Ahok. (GWH).