Mahfud MD : Kemungkinan Hakim MK Lain Terlibat

Foto : Sayangi.com/emil ondo

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, mengatakan keterlibatan hakim MK lainnya dalam kasus yang menjerat Ketua MK, Akil Mochtar, kemungkinan besar ada.

Namun, dirinya tidak berani memastikan siapa orangnya karena menurut Mahfud, KPK sudah mengarah ke orang-orang yang terlibat. “Keterlibatan hakim lain bisa dimungkinkan,” ungkap Mahfud MD di gedung Dewan Pers, Jakarta, Jum’at (4/10).

Mahfud juga menjelaskan jika hakim-hakim MK bisa bermain sendiri dengan cara bekerja sama dengan salah satu kuasa hukum yang terlibat dalam suatu perkara di MK. Misalkan perkara itu sudah diputuskan menang maka hakim itu menghubungi orang-orang yang menang itu untuk meminta uang agar dimenangkan. Padahal kasus itu sudah menang.

“Tapi jika hakim-hakim itu bermain sendiri juga bisa dan biasaya bekerjasama dengan pengacara untuk bermain hal-hal tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, KPK menangkap Akil Mochtar dalam penyuapan pengurusan perkara pilkada di dua tempat yang berbeda yaitu pilkada Lebak, Banten dan Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dalam pilkada lebak, tim penyidik KPK menangkap adik Gubernur Banten Tubagus Chairi Wardhana (TCW) dan Susi Tur Andayani (STA) seorang pengacara.

Sementara untuk pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah, tim Penyidik KPK menangkap anggota DPR RI Chairunnisa (CN), Bupati Gunung Mas Hambit Bintih (HB), Cornelus Nalau (CNA) seorang Pengusaha. (MARD)