1500 KK Jadi Korban Kebakaran, Ikama Buka Posko Bantuan

Foto: sayangi.com/MA

Jakarta, Sayangi.com – Kebakaran di pemukiman padat di Pulo Kandang, Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara masih menyisakan duka. Pasalnya dalam peristiwa yang terjadi Selasa (1/10/2013) dini, sekitar 1500 kepala keluarga (KK) menjadi korban.

Untuk meringankan penderitaan korban, berbagai pihak telah menyalurkan bantuan, tak terkecuali Ikatan Keluarga Madura (Ikama). Ikama dalam hal ini selain membantu melakukan tanggap darurat, juga membuka posko dengan menyiapkan kebutuhan korban kebakaran.

Koordinator Posko Ikama Peduli Muhlis Ali mengatakan, pembangunan posko ini sebagai respon dan kepedulian DPP Ikama terhadap korban. Ia mengaku pihaknya menggalang bantuan dari pengusaha Madura dan masyarakat umum, untuk disalurkan langsung kepada warga yang menjadi korban.

“Kita mencoba meringankan beban mereka (korban). Melalui posko ini, Ikama menyiapkan seluruh kebutuhan pokok mereka,” kata Muhlis dalam rilisnya kepada Sayangi.com, Jumat (4/10/2013).

Muhlis mengaku, dalam peristiwa ini, sebanyak 40 persen korban merupakan keluarga Madura. Hanya saja, ia menegaskan bahwa bantuan ini untuk semua korban yang membutuhkan.

“Nanti secara teknis, posko mendata dan menanyakan langsung kebutuhan para korban, baik makanan, minuman untuk anak-anak, alat mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat, dan lain-lain,” jelas Muhlis yang juga Ketua Umum Himpunan Generasi Muda Madura (Higemura) ini.

Posko Ikama Peduli ini jelas dia, juga akan membuat dua kamar mandi umum untuk digunakan para korban. Posko ini dibentuk sebagai kepedulian warga Madura. Ke depan jelas dia, Ikama akan membentuk desk bencana, agar pada saat ada bencana baik kebakaran dan banjir, desk bencana DPP Ikama bisa turun langsung ke lapangan.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan RT/RW dan Pemerintah Daerah agar korban kebakaran dapat segera membangung kembali rumahnya, mereka dapat beraktifitas dan anak-anaknya bisa sekolah.”